Sistem Informasi Tenaga Ahli Konstruksi Berbasis Web

Sistem informasi tenaga ahli konstruksi berbasis web dibuat untuk bidang konstruksi dan tata ruang. aplikasi ini berisi dokumen-dokumen penting seperti sertifikat keahlian yang dimiliki oleh profesional di bidang konstruksi, dimana sertifikat tersebut merupakan sebuah lisensi atau izin melakukan klasifikasi dan kualifikasi tenaga kerja.

Sistem Informasi Tenaga Ahli Konstruksi Berbasis Web

Dengan mendaftar ke sistem resmi ini, para ahli di bidang konstruksi bisa meningkatkan identitas dirinya sehingga bisa dimanfaatkan untuk menaikkan karir ke depannya. Bagi Anda yang masih bingung apa sebenarnya aplikasi ini, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi ini dimiliki dan dikembangkan oleh LPJK Nasional untuk mendata tenaga ahli konstruksi secara nasional. Sistem ini digunakan untuk mendata tenaga ahli konstruksi yang sudah bersertifikat dan terdaftar dalam LPJK. Dengan begitu kompetensi tenaga profesional tersebut bisa digunakan sebagai bukti sertifikasi tenaga kerja ahli nasional.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dirancang sebagai alat pengembangan keprofesian di bidang ahli konstruksi. Jadi kegunaan utama aplikasi ini yaitu bisa dijadikan sebagai alat klasifikasi secara transparan, terpercaya, dan sesuai. Para ahli bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengajukan kompetensinya baik dari keahlian, keilmuan, dan etos kerja yang dimiliki.

Fitur Aplikasi

Sistem informasi tenaga ahli konstruksi berbasis web ini juga memiliki banyak fitur menarik. Berikut adalah daftar fitur yang dimiliki.

·         Login

·         Beranda

·         Perusahaan

·         Tenaga Ahli Personal Manajerial

·         Peralatan

·         Upload Data

·         Pengguna

·         Logout

Penjelasan Fitur Aplikasi

Setalah berhasil download source code aplikasi ini, Anda bisa menggunakan fitur-fitur yang terlah disebutkan di atas. Perlu Anda ketahui bahwa fungsi dari masing-masing fitur berbeda. Hal tersebut membuat Anda harus memahami fungsinya masing-masing agar tidak melakukan kesalahan ketika menjalankan aplikasi. Berikut adalah kegunaan fitur-fiturnya yang perlu Anda ketahui.

  • ·         Beranda

Halaman awal aplikasi ini menampilkan sekilas informasi mengenai beberapa fitur yang terpasang. Misalnya saja seperti data barang, forecast, entry penjualan, dan sebagainya. Di bawah menu ini akan ada banyak menu lain yang berfungsi untuk membantu Anda dalam menyediakan sistem informasi mengenai tenaga ahli di bidang konstruksi.

  • ·         Perusahaan

Fitur perusahaan pada source code php ini berguna untuk menginput sebuah perusahaan yang ikut dalam menyediakan tenaga ahli konstruksi yang bersertifikasi. Data yang diinput antara lain nama perusahaan, nama pimpinan, alamat perusahaan, kualifikasi dan jenis jasa.

  • ·         Tenaga Ahli Personal Manajerial

Fitur tenaga ahli personal manajerial pada source code php dan mysql ini berfungsi untuk menginput nama tenaga ahli perusahaan konstruksi yang direkomendasikan. Data tenaga ahli ini meliputi nama lengkap tenaga ahli, nomor SKA-SKT, nomor KTP, alamat lengkap tenaga ahli, nama perusahaan, jenis keahlian, tanggal kontrak, dan keterangan kontrak lainnya.

  • ·         Peralatan

Menu ini dapat digunakan untuk menambahkan data peralatan yang dibutuhkan. Contoh data yang perlu diisi yaitu nama peralatan, jenis, tipe, merk peralatan, nomor rangka invoice, nomor polisi, tahun pembelian, perusahaan pengguna, lokasi alat, kapasitas, dan keterangan lainnya.

  • ·         Upload Data

Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengupload file data yang dibutuhkan. Data tersebut berasal dari perusahaan atau tenaga ahli. Anda akan diperintahkan untuk memberikan nama data tersebut dan mengunggah dokumen pada fitur pilihan penggunggahan. Format dokumen yang bisa diunggah antara lain adalah docx, pdf, dan sejenisnya.

  • ·         Pengguna

Fitur ini bisa digunakan Admin untuk mengelola data user. Admin dapat menambah, mengedit, atau menghapus username dan password pengguna aplikasi. Jadi Admin bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses aplikasi ini.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini didukung oleh php dan mysql sebagai bahasa pemograman. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur distance learning yang berguna sebagai alat pelatihan untuk mendapatkan sertifikat mandiri sehingga bisa mendapatkan Sertifikasi Kompetensi. Aplikasi ini juga menggunakan teknologi yang dapat menghasilkan sebuah keputusan berdasarkan nilai dan kriteria.

Sistem informasi tenaga ahli konstruksi berbasis web ini cocok digunakan untuk para ahli konstruksi. Ahli di bidang konstruksi tersebut meliputi kontraktor, konsultan perencana dan pengawas, dan mitra kerja jasa konstruksi lainnya. Fitur yang ada di dalamnya sangat membantu proses penilaian kompetensi keahlian profesi yang diinginkan.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads