Aplikasi Pengaduan Dengan Php Dan Mysql

Di zaman yang serba teknologi ini, berbagai jenis kegiatan bisa dilakukan hanya melalui media elektronik, salah satunya layanan pengaduan. Kini masyarakat bisa melakukan berbagai macam pengaduan hanya menggunakan aplikasi pengaduan dengan php dan mysql. Pengaduan yang bisa dilakukan yaitu pegaduan umum seperti mengenai infrastruktur, layanan kesehatan, dan yang lainnya.

Aplikasi Pengaduan Dengan Php Dan Mysql

Pengaduan ini harus disertai dengan bukti yang sesuai. Dengan adanya aplikasi ini, petugas dapat mengetahui berbagai jenis pengaduan yang dilakukan oleh masyarakat sehingga bisa langsung memberikan tindakan. Lalu apa saja kelebihan dari aplikasi ini? Berikut adalah sekilas informasi mengenai aplikasi pengaduan digital yang perlu Anda ketahui.

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi ini merupakan sarana pengaduan melalui media elektronik yang langsung ditujukan kepada pusat pelayanan. Untuk pengisian pengaduan, pelapor harus mengisi beberapa data tertentu seperti data terlapor, waktu kejadian, bukti dan deskripsi, aspek yang berkaitan, serta data-data terkait lainnya. Setelah itu data tersebut akan dianalisis, diverifikasi, kemudian ditindaklanjuti.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dibuat sebagai alat pengaduan masyarakat secara digital. Semua data laporan yang masuk akan direkap dan dianalisis kebenarannya. Jika memang terbukti benar, maka aduan tersebut akan ditindaklanjuti. Dengan aplikasi ini, penyimpangan-penyimpangan dapat diminimalisir, keluhan masyarakat juga bisa tersalurkan dengan cepat tampa harus melalui proses yang panjang.

Fitur Aplikasi

Aplikasi pengaduan dengan php dan mysql ini mempunyai banyak fitur yang bisa mengelola data pengaduan masyarakat. Berikut adalah daftar fitur yang terpasang di dalam aplikasi ini.

·         Login

·         Beranda

·         Pengaduan

·         Surat Pengantar

·         Data Pengguna

·         Profile

·         Ubah Password

·         Logout

Penjelasan Fitur Aplikasi

Dengan download source code aplikasi ini Anda sudah bisa memanfaatkan fitur-fitur di atas. Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan aplikasi ini, tentunya Anda harus mengetahui kegunaan dari masing-masing fiturnya, mengingat bahwa fungsi dari masing-masing fitur berbeda. Berikut adalah fungsi fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini.

  • ·         Beranda

Setelah masuk dengan username dan password, Anda akan diarahkan ke halaman awal aplikasi. Halaman utama ini berisi tentang isi aplikasi. Misalnya informasi total pengaduan yang masuk, total surat pengantar, dan yang lainnya.

  • ·         Pengaduan

Fitur pengaduan pada source code php ini berisikan formulir pengaduan yang bisa digunakan oleh masyarakat. Ada beberapa data penting yang harus diisi oleh pelapor. Contohnya seperti data diri lengkap, data terlapor, jenis pengaduan,deskripsi pengaduan, waktu dan tempat keadian jika ada, dan masih banyak data terkait lainnya.

Setelah data pengaduan publik tersebut masuk ke dalam sistem, admin dapat mengelola semua pengaduan tersebut berdasarkan waktu tertentu. Petugas pengaduan bisa menambahkan nomor pengaduan untuk setiap pengaduan yang diajukan agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak yang terkait.

  • ·         Surat Pengantar

Fitur surat pengantar pada source code php dan mysql ini dapat menampilkan daftar surat pengantar yang sudah dibuat oleh pelapor. Surat tersebut berisi keterangan pengaduan yang berisi identitas lengkap pelapor seperti KTP, KK, dan sebagainya.

  • ·         Data Pengguna

Fitur ini berfungsi untuk menambahkan data pengguna yang bisa mengakses aplikasi. Admin juga bisa menambahkan data berupa nama lengkap, membuat username dan password. Data tersebut bisa digunakan untuk pengguna baru agar bisa masuk pada aplikasi.

  • ·         Profile

Menu ini berfungsi untuk menginput data user. Data user tersebut juga bisa diupdate secara berkala. Sama seperti menu Data Pengguna, Admin bisa menambahkan, mengedit, dan menghapus user aplikasi sesuai keinginan.

  • ·         Ubah Password

Bagian ini bisa digunakan Admin untuk mengelola pengguna aplikasi, seperti menambah, mengedit, atau menghapus username dan password.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini mendukung berbagai format laporan (pdf, docx, pptx, xls, html). Menu aplikasinya juga sangat mudah dipahami. Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan network based sehingga bisa diakses di perangkat apapun yang terhubung dengan koneksi internet. Satu lagi keunggulannya adalah terdapat report management yang bisa langsung dicetak.

Aplikasi pengaduan dengan php dan mysql ini dapat membantu masyarakat dalam menyuarakan keluhannya kepada pemerintah atau pihat tertentu. Adanya aplikasi ini dapat membantu proses pengelolaan pengduan masyarakat menjadi lebih efisien, transparan, dan terpercaya. Selain itu pengaduan masyarakat tersebut bisa dijadikan alat untuk meningkatkan pelayanan publik.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads