Aplikasi Kas Masjid Dengan Php

Adanya teknologi saat ini sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, misalnya saja dalam aspek pengelolaan keuangan masjid. Aplikasi kas masjid dengan php sudah banyak digunakan pengelola masjid karena fitur-fiturnya yang sangat membantu. Apa saja kelebihan dari aplikasi ini, berikut adalah ulasannya.

Aplikasi Kas Masjid Dengan Php
Sekilas Tentang Aplikasi

Pengelolaan kas masjid adalah kegiatan mendata, menghitung, dan menyimpan data kas sehari-hari baik transaksi masuk atau keluar. Pihak masjid bisa menginput semua data tersebut ke dalam sistem aplikasi sehingga dapat diketahui informasi mengenai jumlah dan total dana yang diperoleh berdasarkan waktu tertentu.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan membantu proses pengelolaan dana masjid. Dana tersebut biasanya bisa berasal dari yayasan, organisasi, lembaga atau instansi tertentu, bahkan perorangan. Jumlah dana akan dilaporkan sesuai kas masuk dan kas keluar yang dilakukan. Manfaat aplikasi ini adalah untuk mengurangi kesalahan pengelolaan data keuangan.

Fitur Aplikasi

Aplikasi kas masjid dengan php ini memiliki fitur yang hampir sama dengan fitur pada aplikasi kas digital lainnya. Berikut adalah daftar fiturnya.

·         Dasboard

·         Master

·         Kegiatan Masjid

·         Pengelolaan Kas

·         Laporan

·         Cetak Laporan

·         Setting

·         Login

·         Logout

Penjelasan Fitur Aplikasi

Silakan melakukan download source code aplikasi untuk mendapatkan servernya, sehingga fitur-fitur tersebut bisa berjalan sesuai fungsinya. Setiap fitur memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan kegunaan fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas.

·         Dashboard

Agar bisa mengakses aplikasi, silakan login menggunakan username dan password terlebih dulu. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Halaman aplikasi ini berisi tentang fungsi aplikasi beserta sekilas informasi tertentu.

·         Master

Bagian source code php ini terdiri dari submenu Pengguna dan Member. Menu pengguna berguna untuk menambahkan data pengguna aplikasi. Data yang diiput antara lain nama pengguna aplikasi, username, level atau status pengguna, dan tanggal daftar.

Sedangkan bagian Member bisa digunakan untuk menginput data anggota. Data anggota yang bisa dimasukkan yaitu nama member, status, mutasi, dan lingkungan. Keterangan-keterangan lain bisa juga ditambahkkan. Selain menambahkan data tersebut, Anda juga bisa mengedit, dan menghapus data member atau pengguna.

·         Kegiatan Masjid

Fitur kegiatan masjid dalam source code php dan mysql ini berfungsi untuk mendata kegiatan masjid yang akan dilaksanakan. Admin bisa menambahkan data mengenai nama kegiatan, PJ/sumber dana/mubaligh, tempat kegiatan, dan waktu pelaksanaan kegiatan.  Keterangan lain juga bisa ditambahkan, lalu Simpan. Anda bisa mengedit data ini dan juga bisa menghapusnya.

·         Pengelolaan Kas

Fungsi dari fitur pengelolaan kas dalam source code aplikasi berbasis web ini adalah untuk mengelola kas, baik kas masuk, kas keluar, dan rekapitulasi. Untuk kas masuk, akan ditampilkan keterangan kas tersebut, tanggal kas masuk, dan total nominal uang kas yang masuk.

Begitu juga dengan kas keluar, Anda harus wajib memasukkan data keterangan, total uang kas yang dikeluarkan, dan tanggal uang kas digunakan. Sedangkan bagian rekapitulasi berguna untuk meampilkan seluruh rekapan data uang kas yang terjadi.

Rekapitulasi tersebut akan memberitahu berapa total uang kas yang telah terpakai dan sis uang kas yang tersimpan. Dengan begitu, pengelola uang kas bisa mengontrol keuangan masjid tersebut dengan baik sehingga bisa diantisipasi jika dana yang dimiliki sudah menipis.

·         Laporan

Bagian terakhir ini dapat melaporkan seluruh data uang kas. Ada fitur yang bisa otomatis untuk melihat lapora berdasarkan data user, berdasarkan tanggal, da laporan akhir. Laporan ini bisa Anda cetak jika dibutuhkan kebutuhan pembukuan dan bukti transkasi.

Spesifikasi Aplikasi

Aplikasi ini dapat menampilkan laporan akhir kas masjid berdasarkan waktu tertentu dengan terpercaya. Source code aplikasi berbasis web ini didukung oleh penggunaan php, mysql, bootstrap, dan framework codeigniter. Maka tidak heran jika fitur-fitur nya sangat mudah dipahami karena menampilkan halaman yang sederhana. Mesipun sederhana, fungsi aplikasi ini sangat baik.

Aplikasi kas masjid dengan php ini sangat cocok diterapkan pada masjid. Bendahara masjid bisa bertanggung jawab dalam mengelola keuangan masjid dalam sistem aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi kas masjid ini, proses pendataan kas kan semakin mudah, cepat, dan tentunya transparan karena data yang dimasukkan adalah data sebenarnya.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads