Aplikasi E-Voting Berbasis Web

Aplikas e-voting berbasis web sudah banyak dijumpai untuk beberapa kegiatan tertentu, misalnya kegiatan perhitungan pemilihan kandidat. Dengan aplikasi ini, proses perhitungan suara sudah tidak perlu ditulis manual, karena proses input voting, perhitungan suara, hingga hasil voting akan ditampilkan otomatis oleh sistem aplikasi yang telah mengolahnya menjadi informasi dalam bentuk digital.

Aplikasi E-Voting Berbasis Web
Sekilas Tentang Aplikasi

E-voting ini biasanya difokuskan sebagai sistem pemungutan suara pada pemilihan kandidat tertentu. Contohnya ketua organisasi, kepala desa, hingga kepala daerah. Sistem aplikasi akan mendata nama-nama kandidat tersebut, kemudian juga mendata warga yang memilih. Setelah itu proses input, perhitungan, dan hasil voting akan disajikan secara online.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dirancang untuk membantu proses perhitungan suara yang begitu banyak, sehingga bisa sedikit membantu panitia pemungutan suara. Manfaat utamanya tidak lain adalah untuk meudahkan proses pemungutan suara. Aplikasi ini juga bisa diakses oleh pemilih sehingga bisa mengetahui informasi pemungutan suara secara transparan.

Fitur Aplikasi

Dalam bekerja secara otomatis dan tepat, maka aplikasi e-voting berbasis web ini dibantu oleh fitur-fitur yang bekerja dengan baik. berikut adalah fitur-fitur aplikasi yang bisa Anda ketahui.

·         Dashboard

·         Data Pemilih

·         Manajemen Kandidat

·         Perolehan

·         Pengaturan

·         User

·         Laporan

·         Cetak Laporan

·         Login

Penjelasan Fitur Aplikasi

Agar fitur tersebut dapat bekerja, maka download source code aplikasi harus dilakukan terlebih dahulu. Setelah mengenal beberapa fitur aplikasi e-voting di atas, kini Anda perlu mengetahui apa saja kegunaan dari setiap fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut. Simak penjelasannya di bawah ini.

·         Dashoard

Setelah login aplikasi menggunakan username dan kata sandi, Anda akan menuju halaman aplikasi. Halaman awal ini berisi sekilas informas tentang e-voting. Contohnya sekilas informasi tentang jumlah pemilih, jumlah kandidat, dan perolehan suara sementara.

·         Data Pemilih

Menu data pemilih dalam source code php ini dapat digunakan untuk menginput data pemilih. Data tersebut berisi identitas lengkap sesuai ktp beserta keterangan-keterangan penting lainnya. Untuk kegiatan ketua osis misalnya, maka bisa menambahkan data selurh siswa di sekolah.

Sedangkan untuk pemilihan kepala desa atau kepala daerah, maka Admin harus menginput seluruh data masyarakat yang akan menjadi pemilih tetap. Menu ini sangat berguna bagi panitia pemilihan untuk mengefisiensikan proses pendataan yang sangat banyak.

·         Manajemen Kandidat

Sedangkan bagian manajemen kandidat pada source code php dan mysql ini, Admin bisa menginput kandidat yang akan maju. Anda dapat menginput data diri lengkap masing-masing kandidat beserta foto, kemudian atur peride pemilihan, dan keterangan lainnya seperti visi dan misi.

Admin dapat mengedit data ini, sehingga bisa menambahkan atau menghapus data kandidat. Daftar kandidat ini akan diinformasikan kepada para pemilih dan bisa dilihat langsung dengan jelas, sehingga pemilih bisa mepertimbangkan masing-masing kandidat dengan tepat.

·         Perolehan

Fungsi menu perolehan pada source code aplikasi berbasis web ini bisa otomatis menghitung suara masuk yang diinput. Fitur ini bisa menampilkan laporan dalam bentuk grafik pada tiap-tiap kandidat, sehingga bisa diketahui berapa presentase yang diperoleh saat itu.

·         Pengaturan

Menu ini bisa dimanfaatkan untuk menyetting aplikasi, misalnya menambahkan fitur-fitur yang diinginkan. Hal ini karena aplikasi ini bisa dimodifikasi dengan mudah. Orang yang berwenang melakukan hal ini adalah pengelola aplikasi.

·         User

Untuk bagian yang terakhir ini, Admin bisa mengubah manajemen user. Pengaturan tersebut yaitu mengelola pengguna aplikasi beserta username dan passwordnya. Selain itu Admin juga bisa menghapus dan mengedit user.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini mampu menyimpan data pemungutan suara secara real time tanpa jeda waktu. Dengan begitu informasi yang diberikan sudah pasti terpercaya. Adanya fitur quick count juga berperan dalam mengontrol perhitungan suara.

Kelebihan fitur quick count yang bisa terdapat pada aplikasi e-voting ini perlu diketahui. Keunggulannya adalah bisa menampilkan perolehan suara yang didapatkan oleh masing-masing kandidat. Kemudian hasil presentasenya akan ditampilkan dalam angka tertulis atau dalam bentuk grafik.

Aplikasi e-voting berbasis web ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang ingin membuat aplikasi e-voting atau menjalankannya untuk kebutuhan voting secara cepat dan mudah. Semua fiturnya sudah cukup membantu kegiatan pemungutan suara menjadi lebih cepat, akurat, dan terpercaya.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads