Source Code SPK Metode AHP

Source code SPK metode AHP merupakan salah satu aplikasi pengambilan keputusan yang mempunyai fitur yang bisa membandingkan, menyeleksi, dan menghasilkan hasil akhir yang tepat. Terdapat banyak aplikasi SPK serupa yang menggunakan metode SAW, WP, Profile Matching, dan AHP. Berikut akan dijelaskan bagaimana aplikasi SPK metode AHP ini berjalan.

Source Code SPK Metode AHP

Sekilas Tentang Aplikasi

Metode AHP (Analytyc Hirerarchy Process) merupakan metode yang menyeleksi alternatif dengan membandingkan setiap alternatif pada tiap kriteria yang ditentukan. Metode ini dapat memutuskan sesuatu berdasarkan kriteria dan bobot nilai. Aplikasi ini banyak digunakan pada website resmi instansi tertentu untuk menyeleksi peserta yang sangat banyak.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dibuat untuk digunakan sebagai sistem penyeleksi otomatis menggantikan seleksi manual. adanya sistem dengan metode AHP ini, proses seleksi kan bisa cepat diketahui dengan hanya berpacu pada bobot nilai dan kriteria yang ditentukan. Penggunaan aplikasi semacam ini misalnya untuk PPDB di sekolah dan seleksi karyawan dan calon karyawan.

Fitur Aplikasi

Source code SPK metode AHP ini memiliki banyak fitur yang membantu anda. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini akan mempermudah anda dalam menggunakan aplikasi.Berikut adalah beberapa fitur yang bekerja untuk menghasilkan sebuah keputusan.

·         Beranda

·         Seleksi Baru

·         Data Kriteria

·         Data Alternatif

·         Seleksi AHP

·         User Admin

·         Setting

·         Login

Penjelasan Fitur Aplikasi

Agar Anda dapat mengoperasikan sistem aplikasi ini, maka harus melakukan download source code aplikasi. Setelah itu pasang pada perangkat Anda. Selanjutnya akan dijelaskan apa saja fungsi dari fitur-fitur aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya di atas. Berikut ulasannya.

·         Beranda

Bagian ini merupakan halaman awal aplikasi yang berisi penjelasan tentang aplikasi, seperti kegunaan dan panduan penggunaannya.

·         Seleksi Baru

Pada salah satu menu source code php ini, Anda bisa membuat atau menambah seleksi baru. Ada borang yang harus diinput seperti tahun seleksi, nama seleksi, dan catatan. Jika dibutuhkan bisa menambahkan beberapa input lain.

Di bagian ini Anda juga bisa mengedit dan menghapus sebuah seleksi. Seleksi Baru ini berfungsi untuk membuat sebuah seleksi yang dilakukan, dengan kata lain digunakan sebagai judul sebuah seleksi yang akan dilangsungkan.

·         Data Kriteria

Sedangkan pada menu source code php dan mysql ini, Anda dapat membuat standard kriteria yang bisa dijadikan acuan seleksi. Contohnya nilai kejujuran, daya tahan kerja, kreatifitas dan ketelitian.

·         Data Alternatif

Selain data kriteria, data alternatif juga bisa ditambahkan. Contoh data alternatif yaitu nama peserta seleksi. Setelah menginput semua data kriteria dan data alternatif , simpan semua data tersebut. 

·         Seleksi AHP

Disini Anda bisa menambahkan keterangan bobot nilai pada tiap kriteria sehingga bisa menghasilkan keputusan yang urut berdasarkan nilai yang paling baik. Ada pilihan skor yang bisa dipilih untuk setiap kriteria yang dibuat. Setelah Anda mengaturnya, simpan data tersebut. Secara otomatis hasil berupa tabel seleksi AHP akan ditampilkan. Selain tabel, aplikasi ini juga akan menampilkan hasil seleksi dalam bentuk grafik, sehingga Anda bisa mengetahui dengan mudah mana yang memiliki nilai tertinggi dan terendah.

Pada tabel grafik tersebut, Anda juga dapat memilih langsung kriteria mana yang akan dilihat hasil seleksinya. Hasil seleksi yang dilakukan oleh sistem aplikasi ini dijamin benar dan akurat sesuai dengan data-data yang diinput.

·         User Admin

Pada bagian ini, terdapat beberapa menu, yaitu Data Pengguna, Ubah Password, dan Logout. Pada bagian Data Pengguna, pengelola aplikasi bisa melihat dan mengelola pengguna yang berhak mengakses aplikasi. Sedangkan pada Ubah Password, admin bisa membuat atau merubah password dari user aplikasi. Untuk bagian Logout, fungsinya adalah untuk keluar dari sistem aplikasi.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini didukung oleh php dan mysql sebagai bahasa pemograman. Adanya php juga bisa membuat tampilan aplikasi lebih terstruktur. Sedangkan metode AHP yang digunakan dapat memudahkan proses seleksi secara otomatis dan akurat.

Penggunaan source code SPK metode AHP ini sangat bermanfaat jika diterapkan pada sebuah instansi untuk menyeleksi peserta baru atau karyawan baru. Kecepatan dan ketepatannya dalam mengolah data dan memutuskan hasil keputusan membuatnya banyak meguntungkan, sehingga tidak perlu menyeleksi secara manual lagi karena menghabiskan banyak waktu.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads