Source Code Sistem Administrasi Desa

Penduduk di suatu desa tentu jumlahnya sangat banyak dan untuk mencatatnya tidak bisa menggunakan cara manual jadi harus memakai aplikasi. Disini, ada source code sistem administrasi desa yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan proses pencatatan penduduk agar lebih cepat. Selain itu Anda juga bisa mengontrol dan melakukan pengecekan secara rutin hanya dengan menggunakan aplikasi.

Source Code Sistem Administrasi Desa

Mengenal Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi yang satu ini bisa diunduh secara mudah melalui website resminya dan proses penginstalannya pun juga terbilang cepat. Di dalamnya tentu terdapat beberapa fitur yang berfungsi untuk membantu Anda dalam melakukan pendataan penduduk sekaligus melakukan controlling. Anda juga bisa membuat laporan hanya dengan fitur di dalam aplikasi.

Tujuan Adanya Aplikasi Desa

Source code php ini memiliki beberapa tujuan di antaranya selain untuk pencatatan penduduk dan memudahkan proses pelaporan juga bisa digunakan ketika Anda ingin menginput data aset dan mengelolanya. Selain itu tujuan lain dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memasukkan data anggaran desa di setiap bulannya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang bisa mengurus surat menyurat.

Fitur di Dalam Aplikasi

Program sisfo warga desa ini masih memerlukan perbaikan lagi, dimana kita dapat mengembangkan kembali source code aplikasi ini baik dari segi tampilan maupun menambahkan fitur yang belum ada, sehingga menjadi sebuah program aplikasi berbasis web yang lebih baik lagi, baik itu didalam fiturnya ataupun didalam penggunaan dari aplikasi itu sendiri, dan inilah beberapa fitur yang dapat anda ketahui:

  • ·         Administrasi Umum
  • ·         Administrasi Penduduk
  • ·         Administrasi Keuangan
  • ·         Administrasi Pembangunan
  • ·         Administrasi Kelembagaan
  • ·         Perpajakan
  • ·         Laporan

Tujuan Fitur di Dalam Aplikasi

Fitur Source code aplikasi ini sudah dilakukan testing dan hasilnya dapat berjalan dengan baik meskipun memang ada beberapa bug yang harus diperbaiki lagi dan disempurnakan lagi dan juga bisa ditambahkan lagi fitur baru yang memang belum ada dalam aplikasi ini agar aplikasi ini menjadi semakin baik, dan inilah beberapa manfaat fitur di dalam aplikasi ini:

·         Administrasi Umum

Fitur pertama yang terdapat di dalam source code sistem administrasi desa ini untuk mengurus hal-hal umum seperti peraturan kepala desa, peraturan desa, buku untuk keputusan kepala desa, inventaris dan kekayaan desa. Selain itu Anda juga bisa menggunakan fitur yang satu ini untuk mendata aparat dank as tanah desa.

Menu lain yang juga tersedia di fitur ini adalah membuat buku ekspedisi, agenda dan lembaran desa serta berita. Jadi, siapapun bisa melihat berita terbaru yang terjadi di sebuah desa dengan membuka fitur yang satu ini.

·         Administrasi Keuangan

Fitur kedua yang terdapat di dalam aplikasi adalah administrasi keuangan. Adanya fitur ini dapat digunakan untuk proses perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa, rencana dalam membuat anggaran, dalam membuat buku bank desa, kas umum dan kas pembantu. Fitur yang satu ini terletak di bawah administrasi umum.

·         Administrasi Kependudukan

Setelah Anda download source code aplikasi, akan langsung melihat fitur yang berfungsi untuk membantu proses pengelolaan penduduk. Anda bisa menggunakannya untuk proses membuat buku induk penduduk, rekapitulasi jumlah penduduk di suatu desa, data penduduk sementara dan jika ingin membuat KK serta KTP. Jika Anda penduduk yang melakukan mutasi, Anda juga bisa mencatatnya lewat menu yang tersedia pada fitur ini.

·         Administrasi Pembangunan

Fitur administrasi pembangunan biasanya digunakan untuk membuat buku rencana kerja pembangunan desa, mengatur data inventaris dan mendata apa saja kegiatan yang akan dilakukan. Selain itu fitur yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat buku pemberdayaan dan kader.

·         Administrasi Kelembagaan

Aplikasi ini uga mempunyai fitur untuk mengelola data kelembagaan. Fitur yang letaknya tepat di bagian bawah administrasi pembangunan ini berguna untuk mendata agenda dan kegiatan BPD, anggota PKK, LPMD, Posyandu dan BPD. Disini Anda bisa memasukkan segala jenis informasi yang terkait dengan pengurus desa.

·         Perpajakan

Fitur berikutnya yang terdapat di dalam source code php dan mysql ini adalah perpajakan. Sesuai dengan namanya fitur yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk memudahkan Anda dalam mencatat pajak di suatu daerah. Anda juga bisa membuat rekapan dan laporan tiap minggunya dengan menggunakan fitur yang satu ini.

·         Laporan

Fitur terakhir yang terdapat di dalam aplikasi adalah laporan. Jika Anda rutin menginput data untuk kepentingan desa maka setiap bulannya hanya tinggal mencetak laporannya saja dengan bantuan fitur ini. Fitur yang satu ini letaknya tepat berada di bawah perpajakan.

Spesifikasi

Source code sistem administrasi desa memiliki beberapa spesifikasi untuk mendukung kinerja dari website tersebut. Adapun spesifikasi yang dimaksud seperti framework codeigniter, berbasis sistem php dan mysql serta dilengkapi dengan admin template bootstrap.

Source code aplikasi berbasis web ini akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas administrasi di desa dengan cepat. Selain itu tampilannya yang sederhana tidak akan membuat Anda kebingungan menggunakannya.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads