Sistem Informasi Manajemen Skripsi Berbasis Web

 Untuk memudahkan kegiatan manajemen mahasiswa yang menempuh skripsi, Anda bisa menggunakan Sistem Informasi manajemen skripsi berbasis web agar menemukan jadwal yang cocok dengan kegiatan dosen pembimbing dan penguji. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan mengenai aplikasi informasi manajemen skripsi dan apa saja fitur-fiturnya yang perlu Anda ketahui.

Sistem Informasi Manajemen Skripsi Berbasis Web


Mengenal Sistem Informasi Manajemen Skripsi Berbasis Web

Source code aplikasi berbasis web ini merupakan sistem informasi pengelolaan skripsi yang dapat menyingkat waktu pendaftaran, bimbingan, dan penentuan jadwal sidang, lebih mudah dan efisien. Dirancang dengan bahasa pemrograman source code PHP dan MySQL sebagai database, sehingga meskipun data yang dikelola banyak, tapi dalam pengoperasiannya tetap ringan.

Kegunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Skripsi

Terdapat banyak fitur yang bisa Anda gunakan, seperti fitur jadwal untuk mendaftarkan dan mencocokkan jadwal dengan dosen yang bersangkutan, dan fitur-fitur lainnya. Metode yang digunakan dalam pengkodean aplikasi yaitu Algoritma Knuth Moris Prath (KMP) dengan prinsip pencocokan pola kata tertentu terhadap suatu kalimat atau teks panjang.

Fitur-fitur pada Sistem Informasi

Ada berbagai fitur dari sistem informasi, elemen terpenting dalam sebuah sistem informasi. Rincian mentah dan angka-angka perusahaan dikenal sebagai data yang diproses untuk membuat informasi. Semua data harus disimpan dalam sistem informasi dan diproses secara akurat. Data tanpa diproses tidak ada gunanya dan tidak berguna.

Setelah diproses itu disebut informasi yang kemudian dapat digunakan untuk tujuan yang diperlukan dalam sistem untuk mendapatkan keuntungan komersial. Fitur-fitur ini bisa diubah atau ditambah sesuai kebutuhan. Berikut beberapa fitur yang terdapat pada sistem informasi manajemen skripsi berbasis web.

  • ·         Login
  • ·         Beranda
  • ·         Jadwal Sidang
  • ·         Ketentuan
  • ·         Master Data
  • ·         Peserta Skripsi
  • ·         Akses Dosen
  • ·         Akses Mahasiswa
  • ·         Logout

Detail Fungsi Setiap Fitur pada Sistem Informasi

Terlepas dari semua fitur sistem informasi, ia bahkan memiliki sejumlah besar fungsi. Salah satu fungsi dari sistem informasi adalah input. Ini dibagi menjadi dua bagian. Fungsi dari bagian pertama adalah input data rinci disimpan, diproses dan dibuat basis dari sistem informasi. Bagian kedua dari input adalah bahwa pengguna juga harus memberi tahu jenis analisis apa yang mereka inginkan.

Input memungkinkan pengguna untuk menentukan apa yang mereka inginkan dari output dan menganalisis apa yang harus dilakukan untuk membuat perubahan. Terkadang subfungsi kedua ini disembunyikan dari pengguna dan tidak selalu tersedia. Inilah beberapa fungsi yang dapat anda ketahui:

  • ·         Beranda

Fitur ini merupakan halaman pertama yang akan muncul ketika web dibuka. Fitur beranda berisi pengenalan aplikasi dan metode yang digunakan dalam pengolahan data. Selain itu, fitur ini juga berisi informasi instansi Anda.

  • ·         Jadwal Sidang

Fitur ini berfungsi untuk menampilkan jadwal sidang mahasiswa. Jadwal sidang diperoleh dari hasil kompilasi dari jadwal dosen dan waktu pengajuan jadwal oleh mahasiswa.

  • ·         Ketentuan

Dalam fitur ini terdapat 3 fitur tambahan yaitu fitur pedoman penulisan, mekanisme proses, dan peraturan. Dalam fitur pedoman penulisan, dapat dimasukkan format penulisan skripsi yang baik dan benar sesuai standar instansi.

Pada fitur mekanisme proses dapat dimasukkan alur pendaftaran skripsi sampai dengan sidang. Fitur pengaturan dapat diisi dengan peraturan yang berlaku selama pengajuan skripsi.

  • ·         Master Data

Dalam fitur ini terdapat 4 menu yaitu data dosen, data mahasiswa, data user, dan data jadwal, semuanya hanya bisa dikelola oleh admin. Data dosen berisi informasi NIDN, nama, alamat, jenis kelamin, nomor telepon, dan alamat email. Informasi yang diisikan pada data mahasiswa juga hampir sama dengan data dosen.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan deteksi data, data baru tidak dapat diinput jika sudah ditambahkan sebelumnya. Hal ini dapat meminimalisir informasi ganda pada sebuah data. Pada menu user, Anda tinggak menyetujui pengguna yang dapat login dengan menekan ikon sinkronisasi.

  • ·         Peserta Skripsi

Anda dapat melihat secara real-time pertambahan jumlah pendaftar sidang untuk lebih lanjut mengalokasikan dosen dan update jadwal sidang.

  • ·         Akses Dosen

Terdapat beberapa menu yang dapat diakses dosen seperti menu lihat mahasiswa, bimbingan online, dan input nilai. Informasi dari fitur ini dapat Anda lihat pada menu dosen di master data.

  • ·         Akses Mahasiswa

Pada aplikasi ini terdapat juga menu-menu yang dapat diakses mahasiswa seperti pendaftaran untuk mendaftar sidang dan bimbingan online untuk melakukan bimbingan jarak jauh bersama dosen. Anda juga dapat memantau informasi ini pada fitur master data di menu mahasiswa. Juga terdapat kolom informasi mahasiswa yang dapat diisi dengan data diri mahasiswa bersangkutan.

Spesifikasi Pendukung Aplikasi

Aplikasi ini dijalankan dengan sistem source code PHP berbasis framework codeigniter yang mempunyai keunggulan MVC (Model View Control) yang memudahkan dalam pengeditan dan penambahan fitur. Server yang digunakan untuk mem-fasilitasi source code yaitu server Xampp.

Penggunaan pemograman HTML 5 dengan support pada embed video dan audio sangat memungkinkan untuk diadakannya bimbingan online dengan dosen. Untuk user interfacenya aplikasi ini menggunakan CSS 3.

Dengan fiturnya yang lengkap dan spesifikasi unggulan, sistem informasi manajemen skripsi berbasis web ini sangat recommended untuk digunakan dalam pengelolaan data skripsi mahasiswa dan dosen, juga dalam penjadwalan sidang. Sangat praktis bukan? Tunggu apa lagi, segera download source code aplikasi ini pada website developer.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads