Sistem Informasi BBLM Berbasis Web

Sistem informasi BBLM berbasis web adalah sebuah aplikasi yang biasanya digunakan untuk Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan industri mesin, logam, dan pengujiannya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jadi para pengusaha logam yang ingin meminta izin untuk mendirikan usaha bisa menggunakan aplikasi ini. Simak ulasan selengkapnya pada uraian berikut.

Sistem Informasi BBLM Berbasis Web


Mengenal Sekilas Tentang BBLM

Balai Besar Logam dan Mesin ini sudah didirikan sejak tahun 1969 dan memiliki nama lain yaitu Metal Industries Development Center (MIDC). BBLM sendiri berada di bawah naungan Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI). BBLM memiliki fungsi untuk memberi izin usaha dan mengevaluasinya secara online melalui aplikasi.

Fungsi Mengunduh Aplikasi

Fungsi pertama jika Anda download source code aplikasi yang pertama untuk memudahkan pemberian izin bagi pengusaha logam secara virtual. Kedua adalah memudahkan proses pengembangan usaha logam serta mengevaluasi bisnisnya.

Selain itu, adanya aplikasi ini juga akan membantu proses konsultasi dan melakukan penilaian kesesuaian produk. Sesuai dengan namanya aplikasi yang satu ini juga bisa memberikan informasi terkait proses pembuatan produk dari logam mulai dari pengecoran hingga penjualan.

Fitur Aplikasi BBLM

Munculnya perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih, membuat para pengguna komputer menjadi tertarik untuk menggunakannya. Sehingga kegunaannyapun semakin meningkat dengan pesat.

Software yang akan dibangun adalah web untuk mengetahui seputar informasi perpustakaan umum daerah di Singaraja. Input data dilakukan oleh admin, untuk menjamin keamanannya web admin dilengkapi dengan login, sehingga hanya admin yang berhak mengakses. Untuk itu ada beberapa fitur yang dapat menjelaskan anda tentang alikasi ini. inilah beberapa fitur yang dapat anda ketahui:

  • ·         Registrasi
  • ·         Home
  • ·         Jadwal Kegiatan
  • ·         Perizinan
  • ·         Hubungi Kami
  • ·         Media
  • ·         Pengaturan Website
  • ·         Modul
  • ·         Laporan

Fungsi Tiap Fitur Pada Aplikasi

·         Registrasi

Fitur pertama pada sistem informasi BBLM berbasis web adalah registrasi. Sesuai dengan namanya fitur yang satu ini berfungsi untuk melakukan pendaftaran. Ketika ada seorang pengusaha yang ingin meminta izin usaha harus membuat akun terlebih dahulu lewat fitur ini.

Setelah itu harus mengisi data-data yang diminta lalu disimpan. Anda selaku admin BBLM akan mendapatkan notifikasi jika ada yang melakukan pendaftaran. Data-data tersebut akan tersimpan ke dalam aplikasi.

·         Home

Fitur berikutnya adalah home atau dashboard dimana fungsinya untuk membantu pengguna ketika ingin mencari menu lainnya. Selain itu pada menu home, Anda juga bisa menambahkan foto BBLM di laman ini. Fungsi lainnya adalah memudahkan pengguna yang masih baru untuk mengenal tentang aplikasi dan cara menggunakannya.

·         Jadwal Kegiatan

Fitur pada source code aplikasi berbasis web yang berikutnya adalah jadwal kegiatan. Setiap kegiatan yang pernah, sedang dan akan dilakukan oleh pengusaha harus dilaporkan melalui fitur ini untuk memudahkan proses pelaporan. Jika Anda ingin melihat semua jadwal kegiatannya tinggal membuka fitur ini maka akan muncul daftarnya berupa tabel.

·         Perizinan

Ketika Anda ingin mengeluarkan surat perizinan bisa menggunakan fitur ini. Proses pemberian izin secara online ini dapat menyingkat waktu dibanding menggunakan cara manual yaitu dengan langsung mengunjungi kantor BBLM. File surat yang diturunkan juga bisa Anda lihat lewat fitur ini.

·         Hubungi Kami

Khawatir ada pengusaha yang kurang mengerti bagaimana cara mengajukan pendaftaran, Anda bisa memanfaatkan fitur source code php ini untuk menambahkan nomor telepon, alamat perusahaan atau email sebagai narahubung. Biasanya kontak perusahaan akan tertera pada fitur home di bagian bawah.

·         Media

Fitur berikutnya adalah media dimana akan menampilkan dokumentasi dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan logam dan mesin. Lewat dokumentasi tersebut Anda bisa melakukan evaluasi terkait kegiatan yang telah diadakan. Jika ada hal-hal yang bertentangan dengan peraturan dari BBLM Anda bisa langsung menegur pemilik usaha tersebut.

·         Pengaturan Website

Sistem informasi BBLM berbasis web juga menyediakan fitur untuk memudahkan penggunanya dalam mengelola website agar lebih menarik dan mudah dimengerti. Selain itu jika Anda ingin mengubah kata sandi atau nama pengguna demi keamanan website silahkan memanfaatkan fitur yang satu ini. Fitur pengaturan ini terletak di bawah menu media.

·         Modul

Fitur selanjutnya yang ada pada aplikasi adalah modul kegiatan. Anda bisa mengupload semua modul kegiatan yang telah dibuat oleh pihak BBLM. Beberapa contoh modul yang diupload adalah manajemen admin, identitas website, berita, kategori, album, galeri foto, menu utama dan sebagainya.

·         Laporan

Fitur pada source code php & mysql yang terakhir adalah laporan. Fitur yang satu ini digunakan untuk mencetak laporan tiap bulannya.

Spesifikasi

Tentu ada beberapa spesifikasi pendukung yang memudahkan kinerja aplikasi Sistem informasi BBLM berbasis web. Contoh program yang dimaksud seperti bahasa pemrogaman menggunakan jenis PHP agar aplikasi lebih mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan program bernama admin template bootstrap. Jika Anda ingin mengunduh aplikasi ini, silahkan langsung membuka websitenya. Setelah itu Anda bisa menggunakannya untuk keperluan perizinan usaha logam dan mesin.



 

Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads