Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Web

Sistem informasi administrasi sekolah berbasis web merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk membantu tenaga tata usaha. Aplikasi ini dapat memuat banyak informasi administrasi sekolah guna kepentingan kelas, guru, hingga siswa. Sistem aplikasi ini dapat dijalankan dengan ringan melalui komputer yang telah terkoneksi internet. Untuk lebih jelasnya, simak dalam ulasan berikut.

Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Web

Sekilas Tentang Aplikasi Administrasi Sekolah

Perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam  mendukung eksistensi suatu lembaga pendidikan. Untuk sekolah membutuhkan sitem administari sekolah untuk mempermudah staf Tata Usaha untuk memberikan informasi keuangan secara cepat dan akurat. Salah satu  upaya untuk memberikan laporan keuangan siswa dan memberikan informasi keuangan secara up to date kepada ketua yayasan tentang keuangan sekolah.

Source code aplikasi berbasis web administrasi sekolah merupakan sistem informasi yang dapat digunakan untuk memuat banyak data dengan aman. Admin yang sudah ditunjuk oleh pihak sekolah bisa menjalankan aplikasi ini dengan cara login terlebih dahulu. Informasi yang perlu dimasukkan pada saat login adalah username dan password yang sudah didaftarkan.

Kegunaan Sistem Informasi Administrasi Sekolah

Aplikasi ini mempunyai manfaat untuk membantu mengurus administrasi sekolah dengan lebih praktis dan sistematis, sehingga arsip data tidak menumpuk. Source code PHP ini bisa digunakan untuk mengentri data administrasi yang dibutuhkan sekolah di setiap periode pembelajaran. Menginput data menggunakan aplikasi ini memudahkan admin sekolah untuk mencarinya lagi di kemudian hari.

Fitur Aplikasi Administrasi Sekolah

Hadirnya Aplikasi sekolah merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan, aplikasi sekolah memiliki sistem QR Code yang dapat digunakan untuk absen, kunjungan pustaka hingga pembayaran.

Proses pembayarannya sudah terintegrasi dengan banyak bank dan juga toko online. Sistem Aplikasi Sekolah juga memberikan notifikasi via sms ataupun email dan pihak keuangan sekolah dapat memantau transaksi dalam satu panel kontrol. Namun disini perusahaan perlu tahu lebih mendalam apa saja fitur yang wajib ada pada Aplikasi Sistem Informasi Sekolah.. Berikut ini adalah daftar fitur-fiturnya.

·         Login

·         Tahun Ajaran

·         Jenjang

·         Kelas

·         Jenis Mata Pelajaran

·         Guru

·         Pendaftaran Siswa

·         Pembagian Kelas

·         Siswa

·         Data Perpustakaan

·         Logout

Penjelasan Masing-Masing Fitur Administrasi Sekolah

Sistem informasi administrasi sekolah berbasis web ini membagi fitur yang ada di dalamnya dengan fungsi berbeda-beda. Setiap fitur di dalam aplikasi ini sudah disusun dengan tampilan yang sederhana, sehingga pengguna bisa menemukan setiap menunya dengan cepat. Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan aplikasi ini, berikut adalah fungsi dari fitur-fiturnya.

·         Tahun Ajaran

Fitur ini berguna untuk memuat informasi terkait tahun ajaran yang saat ini sedang berjalan di sekolah. Cara untuk menginputnya adalah dengan mengisi form khusus guna memuat informasi seputra tahun ajaran baru. Selanjutnya admin hanya perlu memilih aktifkan tahun ajaran agar bisa mengisi data lainnya.

·         Jenjang

Jenjang merupakan fitur yang digunakan untuk mengisi tingkatan pendidikan di sekolah tersebut. Pada fitur ini jenjang pendidikan yang sudah diinput bisa dihapus atau di edit. Jenjang pendidikan yang bisa diisikan adalah dari mulai SD hingga SMA.

·         Kelas

Source code PHP dan MySQL ini juga menyediakan fitur yang akan memberikan informasi seputar daftar kelas di sekolah. Pada fitur ini pengguna aplikasi bisa memasukkan data seputar banyaknya kelas yang ada di sekolah beserta pembagiannya.

·         Jenis Mata Pelajaran

Fitur ini dapat digunakan oleh pihak tata usaha sekolah untuk memberikan informasi kepada siswa seputar mata pelajaran yang ada. Jenis mata pelajaran ini akan dibagi berdasarkan dengan tingkatan kelasnya, sehingga memudahkan guru untuk menentukan jadwalnya.

·         Guru

Guru adalah fitur pada sistem informasi yang digunakan untuk mencatat data tenaga pendidik di sekolah. Informasi yang bisa dicatat dalam fitur ini mulai dari identitas guru, mata pelajaran yang diampu, hingga pembagian kelas tempat mengajar.

·         Pendaftaran Siswa

Fitur ini dapat digunakan oleh pihak sekolah untuk membantu keperluan penerimaan peserta didik baru. Pada fitur ini pihak sekolah bisa mendata semua calon siswa yang mendaftar ke sekolah, sehingga mudah untuk melakukan seleksi.

·         Siswa

Kegunaan utama dari fitur ini adalah memberikan informasi terkait daftar peserta didik yang ada di sekolah dengan status aktif. Fitur siswa ini juga bisa digunakan untuk menyimpan informasi seputar data diri peserta didik.

·         Data Perpustakaan

Administrasi seputar perpustakaan juga bisa dicatat dengan rapi melalui fitur ini. Data perpustakaan ini menyimpan berbagai informasi mengenai koleksi bahan bacaan di sekolah. Petugas perpustakaan bisa mencatat apa saja koleksi buku hingga siswa yang meminjam dan mengembalikan.

Spesifikasi Sistem Informasi Administrasi Sekolah

Sistem informasi administrasi sekolah berbasis web menggunakan database MySQL. Tipe database yang satu ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak data tanpa takut aplikasi akan lemot. Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan tentang Sistem informasi administrasi sekolah berbasis web, Sekian terima kasih.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads