Aplikasi Uang Kas Berbasis Web

Sebuah perusahaan baik skala kecil, menengah, maupun skala besar pasti membutuhkan pengelolaan kas perusahaan. Aplikasi uang kas berbasis web merupakan solusi tepat untuk membantu Anda mengelola uag kas perusahaan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai aplikasi ini? Simak ulasan berikut.

Aplikasi Uang Kas Berbasis Web

Sekilas tentang Aplikasi

Aplikasi uang kas adalah salah satu sistem informasi yang sangat direkomendasikan untuk mengelola seluruh informasi terkait kas perusahaan. Source code php uang kas sangat mudah digunakan dan masih menggunakan program yang sederhana sehingga dapat dikembangkan kembali sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Fungsi Aplikasi

Sesuai dengan namanya, aplikasi uang kas berfungsi untuk membantu sebuah perusahaan mengelola uang kas yang masuk dan keluar. Selain itu, source code aplikasi berbasis web juga dapat mendukung sistem transparansi kas perusahaan sehingga manajemen keuangan perusahaan dapat lebih terkontrol.

Fitur

Aplikasi uang kas memiliki berbagai fitur yang mendukung seluruh fungsi dari aplikasi ini. Fitur-fitur ini merupakan fitur bawaan yang dapat Anda kelola dan kembangkan sesuai dengan yang terjadi di perusahaan. Fitur yang akan Anda peroleh dengan download source code aplikasi ini, antara lain:

·         Beranda

·         Transaksi Kas Pemasukan

·         Transaksi Kas Pengeluaran

·         Transaksi Kas Transfer

·         Laporan

·         Master Data

Penjelasan Masing-masing Fitur

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi uang kas berbasis web berjalan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Fungsi dan guna setiap fitur sangat bervariasi serta sangat mendukung tercapainya fungsi utama aplikasi. Berikut ini fungsi dan guna setiap fitur yang akan Anda rasakan.

·         Beranda

Fitur Beranda merupakan halaman yang pertama kali akan menyambut Anda ketika membuka aplikasi. Fitur ini bertugas untuk memberitahukan kepada Anda mengenai kondisi atau uang kas yang sedang terjadi di perusahaan Anda.

Fitur ini hanya memperlihatkan data, tidak bisa digunakan untuk mengubahnya. Data yang dapat Anda lihat melalui fitur Beranda adalah data akhir uang kas yang menunjukkan besarnya uang kas yang ada, serta tanggungan utang atau piutang jika ada.

·         Transaksi Kas Pemasukan

Pada fitur Transaksi Kas Pemasukan, Anda dapat mengelola data uang kas yang masuk ke perusahaan. Anda dapat menambah, mengubah, maupun menghapus berbagai data terkait uang masuk. Data tentang kode transaksi, tanggal pemasukan, asal pemasukan, beserta besarnya pemasukan dapat Anda kelola melalui layanan ini.

·         Transaksi Kas Pengeluaran

Kebalikan dari fitur Transaksi Kas Pemasukan, fitur ini berfungsi untuk mengelola data uang kas yang keluar dari perusahaan. Data yang dapat ditambahkan, diubah, maupun dihapus melalui fitur ini meliputi kode transaksi; tanggal pengeluaran; keterangan, yaitu alasan atau tujuan pengeluaran; serta besar biaya yang dikeluarkan.

·         Transaksi Kas Transfer

Apabila ada transaksi transfer menggunakan uang kas, maka data transaksi tersebut dapat dicatat pada fitur ini. Fitur Transaksi Kas Transfer juga akan membantu Anda mengelola data ketika terjadi pemindahan kas perusahaan. Data yang dapat Anda input maupun edit pada fitur ini, antara lain tanggal transfer, keterangan transfer, tujuan transfer, dan besarnya uang kas yang ditransfer.

·         Laporan

Setiap data yang Anda input pada fitur-fitur lain aka diolah oleh aplikasi menjadi berbagai laporan jadi. Fitur Laporan akan membantu Anda menyajikan laporan keuangan kas perusahaan. Jenis laporan yang disajikan ada berbagai macam, diantaranya laporan transaksi kas, buku besar, neraca saldo, saldo kas, dan laba rugi. Laporan ini dapat Anda cetak dan download dalam bentuk pdf.

·         Master Data

Master data merupakan fitur yang berfungsi untuk mengelola seluruh data perusahaan. Ada tiga data pokok yang dapat Anda kelola pada fitur ini, yaitu jenis akun, data kas, dan data pengguna. Data jenis akun yang dimaksud adalah data tentang kode aktiva, jenis transaksi, jenis akun, adanya pemasukan, pengeluaran, dan laba rugi.

Data kas berisi konfirmasi Anda terhadap fitur pemasukan, pengeluaran, serta transfer kas yang tersedia pada aplikasi, dimana fitur tersebut dapat digunakan setelah diaktifkan. Sedangkan data pengguna berisi informasi tentang pengguna aplikasi.

Spesifikasi Aplikasi

Aplikasi uang kas didukung oleh program PHP dan MySQL yang membuat aplikasi ini mudah dikembangkan sesuai kebutuhan. Selain itu, source code php dan mysql  ini juga dipercanggih dengan adanya framework codeigniter yang membuat aplikasi dapat berjalan lancar.

Anda tidak perlu pusing lagi mengelola uang kas perusahaan. Aplikasi uang kas berbasis web adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah pengelolaan kas serta mendukung transparansi setiap transaksi kas perusahaan.

 


Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads