Aplikasi Tiket Online Berbasis Web

Menonton film di bioskop merupakan kegemaran bagi sebagian besar masyarakat. Tidak jarang antrian pembelian di loket melunjak hingga menyebabkan penjualan tidak efektif dan efisien. Beberapa bioskop kini mulai menggunakan aplikasi tiket online berbasis web untuk mengatasi masalah antrian. Berikut adalah sekilat tentang source code PHP dan MySQL dan fitur-fitur yang dimiliki.

Aplikasi Tiket Online Berbasis Web


Mengenal Aplikasi Tiket Online

Aplikasi tiket online ini merupakan website penjualan tiket yang dapat mempermudah, pemesanan dan reservasi tiket untuk menonton di bioskop. Source code aplikasi berbasis web ini membuat Anda dapat mengelola administrasi dan juga informasi real-time jumlah tiket tersedia dengan lebih efisien karena semua proses dilakukan secara online.

Kegunaan Aplikasi Tiket Online Berbasis Web

Fungsi aplikasi ini sudah sangat jelas yaitu sebagai website penjualan tiket praktis karena melalui internet. Dalam menjalankan aplikasi ini terdapat banyak sekali kemudahan. Kemudahan tersebut dikarenakan hadirnya fitur-fitur yang lengkap, serta Anda memiliki full control pada aplikasi ini sehingga dapat menambah fitur dan menu yang dibutuhkan, serta dapat mengedit source code PHP pada website.

Fitur-fitur pada Aplikasi

Evolusi tiket acara online telah berkembang pesat selama dua dekade terakhir. Awalnya diperkenalkan untuk menggantikan spreadsheet, platform ini adalah tulang punggung penyelenggara acara, tempat perhotelan, dan bisnis acara di seluruh dunia. Ada beberapa fitur yang harus dimiliki yang telah muncul selama periode waktu yang harus Anda perhatikan saat mengevaluasi kebutuhan tiket acara online Anda. Fitur dari aplikasi tiket online berbasis web ini ada beberapa macam, tergantung pada kebutuhan dan kegunaan aplikasi tersebut. Berikut beberapa fitur-fiturnya.

  • ·         Login
  • ·         Home
  • ·         Reservasi Tiket
  • ·         Forum
  • ·         Informasi Bioskop
  • ·         Jadwal Film
  • ·         Logout

Kegunaan Fitur-Fitur dalam Aplikasi Tiket Online

Produk atau layanan hebat dapat membedakan Anda dalam suatu industri, tetapi fitur tambahan yang dapat membuat Anda unggul. Menjadi sumber untuk pemecahan masalah di luar tujuan produk atau layanan Anda saja dapat membuat Anda menjadi merek pilihan bagi konsumen.Masing-masing fitur diatas tentunya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah kegunaan dari fitur-fitur pada source code PHP dan MySQL ini yang perlu Anda ketahui.

  • ·         Home

Fitur home merupakan halaman awal yang tampil ketika website dibuka. Fitur home dapat diisi dengan informasi mengenai persyaratan yang harus dipenuhi sebelum dapat memesan tiket pada situs web.

  • ·         Reservasi Tiket

Reservasi tiket hanya dapat diatur untuk pengguna yang sudah login atau pemilik akun yang dapat mengakses fitur ini. Pengunjung yang belum memiliki akun dapat diarahkan pada menu register dan mengisi form yang berisi tentang informasi pribadi seperti nama, username, password, email, alamat, jenis kelamin, dan upload pas foto.

Setelah regristrasi, reservasi baru dapat dilakukan. Terdapat beberapa menu yang harus dipilih dan diisi oleh pelanggan seperti bioskop yang akan dituju, tanggal reservasi, judul film yang akan ditonton, jumlah tiket yang akan dibeli, dan pemilihan tempat duduk. 

Terakhir, Anda juga dapat menambahkan pilihan cara pembayaran, bisa secara offline di loket atau dengan transfer bank. Dengan informasi yang didapat, Anda akan lebih mudah untuk mencetak tiket secara online, dan pengguna bisa langsung mendownload.

  • ·         Forum

Fitur ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Fitur ini memiliki peranan cukup penting untuk keperluan pengguna jika terdapat hal yang belum dimengerti, dan Anda bisa memahami kesulitan pengguna untuk perbaikan aplikasi kedepannya.

  • ·         Informasi Bioskop

Berisi informasi bioskop-bioskop yang pemesanan tiketnya dapat dilakukan secara online pada website ini. Anda dapat menambahkan detail bioskop seperti nama, alamat, telepon, keterangan, dan kolom komentar untuk pengunjung. Pada kolom komentar juga bisa ditambah pilihan rating sehingga bisa memudahkan pelanggan dalam memberikan penilaian seperti baik, buruk, dan rata-rata.

  • ·         Jadwal Film

Berfungsi untuk menampilkan jadwal film yang akan tayang pada rentang waktu tertentu. Terdapat menu informasi film yang menampilkan pilihan tanggal tayang. Pada bagian hasil jadwal film bisa ditampilkan data film yang tayang pada tanggal yang telah dipilih. Anda bisa mengupdate informasi ini sesuai dengan informasi jadwal yang dikeluarkan oleh setiap bioskop.

Teknologi Pendukung Aplikasi

Aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman source code PHP dengan framework codeigniter dengan keunggulan MVC (Model View Control), setiap bagian website dapat dikembangkan secara terpisah, sehingga pengoperasian menjadi lebih mudah. Aplikasi ini tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan web HTML 5. User interaktif dijalankan dengan framework Bootstrap CSS 3.

Berikut teknologi pendukung yang terpasang pada aplikasi tiket online berbasis web antara lain PHP 7.3 framework codeigniter 4.ver, database MySQL, framework Bootsrap CSS 3, dan web HTML 5. Itulah kelengkapan fitur dan spesifikasi tinggi yang dimiliki oleh aplikasi penyedia tiket online ini. Mau penjualan tiket menjadi cepat dan anti ribet? Download source code aplikasi ini sekarang juga.

 


Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads