Aplikasi Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web

Aplikasi sistem informasi sekolah berbasis web kini sudah banyak digunakan karena aplikasi ini mampu menyediakan segala informasi penting terkait informasi sekolah. Informasi yang dimaksud yaitu seperti kegiatan administrasi internal sekolah yang meliputi kebutuhan manajemen dan komunikasi antara pihak sekolah, siswa, dan wali murid.

Aplikasi Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web

Sistem ini dapat diakses oleh seluruh anggota sekolah, baik guru, siswa, pegawai, dan wali murid. Lalu apa manfaat penggunaan aplikasi ini untuk kegiatan administrasi pada instansi sekolah tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak dalam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Aplikasi

Penggunaan aplikasi ini dimaksudkan untuk memenuhi standar mutu pendidikan yang mengacu pada perkembangan teknologi. Dalam aplikasi ini, berbagai aspek pendidikan di sekolah seperti kurikulum, absensi, presensi, modul, dan berbagai macam pendataan dapat dikelola dengan transparan, efisien, dan tepat.

Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman php dan database yang digunakan aplikasi ini yaitu database mysql. Aplikasi ini dikembangkan dan dibagikan gratis oleh arimunandar di akun githubnya dan tentunya gunakanlah sourcecode aplikasi ini dengan baik dan bijak.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan membantu proses administrasi dan manajemen di sekolah guna membantu kerja pegawai sekolah dan para guru. Dengan aplikasi ini, pihak sekolah dan siswa akan diuntungkan karena layanan informasi bisa diakses dengan mudah.  Segala alur dan kebutuhan sekolah juga bisa diakomodir dengan baik melalui sistem aplikasi ini.

Fitur Aplikasi

Source code Aplikasi Managemen Sekolah Berbasis Web ini sudah dilakukan testing dan hasilnya dapat berjalan dengan baik meskipun memang ada beberapa bug yang harus diperbaiki lagi dan disempurnakan lagi dan juga bisa ditambahkan lagi fitur baru yang memang belum ada dalam aplikasi ini agar aplikasi ini menjadi semakin baik.

Source Code Aplikasi Managemen Sekolah Berbasis Web ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menyusun tugas sekolah, tugas akhir, skripsi yang sedang kamu kerjakan atau bisa juga bisa sebagai bahan belajar tentang bagaiamana cara membuat dan cara kerja aplikasi ini dan berikut beberapa screenshot aplikasi ini ketika dijalankan.

Aplikasi sistem informasi sekolah berbasis web ini memiliki banyak sekali fitur menarik yang dapat menyimpan berbagai informasi seputar sekolah. Berikut adalah daftar fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini.

·         Login

·         Profil

·         Galeri

·         Data Siswa

·         Data Guru

·         Mata Pelajaran

·         Nilai

·         Setting

·         Logout

Penjelasan Fitur Aplikasi

Selain mengetahui fitur-fiturnya, tentunya Anda juga harus mengetahui kegunaannya masing-masing, mengingat bahwa fungsi masing-masing fitur berbeda. Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan aplikasi ini, berikut adalah fungsi dari masing-masing fiturnya.

·         Profil

Menu ini berada di awal aplikasi yang berisi tentang profil sekolah. Misalnya visi dan misi, deskripsi sekolah, dan daftar keungggulan yang dimiliki oleh sekolah. Pada bagian ini biasanya dilengkapi dengan kontak sekolah yang bisa dihubungi, seperti nomor telepon atau fax, email, dan situs resmi sosial media lainnya yang mungkin dimiliki.

·         Galeri

Bagian ini berisi tentang dokumentasi penting milik sekolah. Dokumentasi tersebut berupa program dan kegiatan yang sudah dilakukan. Galeri sekolah akan menampilkan foto-foto kegiatan yang dilakukan oleh sekolah, contohnya kerja bakti, ekstrakurikuler, upacara bendera, dan banyak kegiatan menarik lainnya.

·         Data Siswa

Fitur dalam source code php ini bisa digunakan untuk mengelola data seluruh siswa di sekolah. Admin bisa menginput data siswa berdasarkan kelas, semester, atau jurusan. Data siswa tersebut berisi data diri lengkap dan foto.

·         Data Guru

Sama seperti Data Siswa, Data Guru juga bisa ditambahkan oleh admin. Data tersebut berisi nama dan gelar lengkap guru, NIP, dan bidang mata pelajaran yang dikuasai. Menu Data Siswa dan Data Guru biasanya terdapat pada fitur Master Data yang bisa diedit dan disimpan oleh Admin.

·         Mata Pelajaran

Menu ini bisa digunakan untuk menginput mata pelajaran yang diampu oleh siswa dan guru di sekolah berdasarkan kelas dan waktu. Menu ini bisa dijadikan sebagai penampil jadwal pelajaran secara efisien.

·         Nilai

Fitur pada source code php dan mysql ini memiliki fungsi otomatis dalam mengelola nilai seluruh siswa di sekolah. Admin bisa dengan mudah menginput nilai siswa yang begitu banyak dengan hanya mengklik nama tiap siswa yang sudah terinput. Setelah itu Admin bisa menginput tiap-tiap nilai mata pelajaran yang diperoleh oleh setiap siswa.

·         Setting

Bagian ini dapat digunakan Admin untuk mengatur sistem aplikasi, mulai dari memodifikasi fitur dan menu, data pengguna, dan sebagainya.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini didukung dengan php dan mysql sehingga tampilan dan penggunaannya sangat mudah. Fitur aplikasi juga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah. Aplikasi semacam ini umumnya didukung dengan teknologi basis e-learning yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Dengan menggunakan aplikasi sistem informasi sekolah berbasis web ini, maka semua bentuk informasi dapat disalurkan secara cepat dan akurat. Jadi tunggu apalagi? Segera download source code aplikasi agar pekerjaan Anda dalam menginput informasi dan data sekolah menjadi lebih mudah. Selain itu aplikasi ini juga membuat informasi seputar sekolah bisa dengan mudah dijangkau oleh siapapun.

 


 

Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads