Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Berbasis Web

Aplikasi sistem informasi puskesmas berbasis web saat ini bisa digunakan untuk memudahkan pencatatan dalam lembaga kesehatan tersebut. Admin puskesmas bisa menggunakan aplikasi ini untuk menghindari pencatatan manual yang rentan terhadap kesalahan. Berikut ini adalah ulasan mengenai aplikasi sistem informasi puskesmas yang perlu diketahui.

Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Berbasis Web

Apa itu Aplikasi Sistem informasi Puskesmas

Aplikasi sistem informasi ini adalah source code PHP yang dirancang untuk membantu kinerja tenaga medis di puskesmas agar lebih mudah. Sistem informasi yang berbasis web ini sangat user friendly dan mudah diakses oleh admin melalui laptop atau PC. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan ruang penyimpanan karena aplikasi sistem informasi puskesmas tersebut berbasis web berukuran kecil.

Kegunaan Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas

Ada banyak fungsi yang bisa dijalankan setelah download source code aplikasi ini, mulai dari input data pasien, penyakit, hingga pembuatan laporan berkala. Di samping itu, aplikasi ini juga memudahkan setiap admin dalam menginput data secara berkelanjutan karena sudah disimpan di dalamnya. Data yang ada di sistem informasi ini juga mudah diedit kapan saja apabila terdapat kesalahan.

Fitur Pada Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas

Tampilan fitur di dalam aplikasi sistem informasi puskesmas berbasis web tersebut disusun dengan sederhana, sehingga memudahkan admin dalam mengaksesnya. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini tergolong lengkap untuk membuat berbagai macam data keperluan puskesmas. Lalu, apa saja fitur yang ada pada aplikasi sistem informasi puskesmas tersebut? Berikut ini daftarnya secara lengkap.

·         Dashboard

·         Data Pasien

·         Data Penyakit

·         Data Pengguna

·         Laporan

·         Cetak Laporan

·         Setting

·         Login

Kegunaan Masing-Masing Fitur Pada Aplikasi Data Puskesmas

Tampilan yang cukup sederhana ini bertujuan untuk memudahkan admin dalam memberdayakan fungsi setiap fitur pada source code aplikasi berbasis web tersebut. Setiap fitur dapat digunakan untuk memuat data yang berbeda-beda sesuai dengan ketersediaan format. Simak penjelasn berikut ini mengenai kegunaan dari setiap fitur yang ada pada aplikasi informasi puskesmas.

·         Dashboard

Dashboard atau fitur pembuka merupakan halaman awal yang akan Anda temukan saat baru pertama kali membuka aplikasi. Fitur ini berisi informasi singkat tentang sistem aplikasi data puskesmas berbasis web. Admin juga bisa masuk ke dalam aplikasi dengan memasukkan username dan password di dalam tampilan login yang ada pada dashboard.

·         Data Pasien

Setiap pasien yang datang ke puskesmas akan didata identitasnya menggunakan fitur ini. Data pasien yang diinput meliputi nama, alamat, nomor KK, jenis kelamin, dan usia. Fitur ini memudahkan untuk admin apabila ingin mengurusi administrasi yang diminta oleh pasien. Di samping itu, data pasien juga berguna untuk menjadi arsip milik puskesmas tersebut untuk keperluan pelaporan

·         Data Penyakit

Source code PHP dan MySQL ini juga menyediakan fitur data penyakit yang diderita oleh pasien. Fitur ini digunakan untuk membuat data penyakit yang dilaporkan oleh dokter. Data penyakit ini didapatkan berdasarkan hasil diagnosa dari gejala yang dialami oleh pasien. Admin bisa memasukkan data penyakit beserta nama pasien yang menderitanya melalui fitur ini.

·         Data Pengguna

Aplikasi berbasis web ini juga mendata setiap penggunanya, sehingga tidak diakses oleh sembarang orang. Pihak puskesmas bisa mendaftarkan beberapa admin yang berhak mengakses aplikasi ini pada fitur data pengguna. Setiap data admin harus disertai dengan username dan password agar selanjutnya bisa memudahkan pada saat akan mengakses aplikasi tersebut untuk mendapatkan fitur lengkapnya.

·         Laporan

Pembuatan laporan berkala puskesmas juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fitur di aplikasi ini. pihak puskesmas bisa membuat laporan mengenai data pasien secara berkala sesuai dengan periode yang dibutuhkan. Di samping itu, admin juga bisa mencetak laporan diagnosa penyakit pasien apabila diperlukan sewaktu-waktu untuk berbagai kepentingan, seperti rujukan ke rumah sakit.

Spesifikasi Sistem Informasi Puskesmas

Aplikasi sistem informasi puskesmas berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP, sehingga ringan untuk dijalankan. Di samping itu, setiap data yang diinput di dalam aplikasi ini akan disimpan dengan aman karena menggunakan sistem MySQL. Aplikasi ini juga bisa dijalankan oleh beberapa admin sekaligus dengan username dan password berbeda agar bisa mengakses fiturnya. Ini adalah keunggulan lain dari aplikasi tersebut.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads