Aplikasi Perhitungan Metode MAUT

Metode MAUT atau kepanjangannya adalah Multi Attribute Utility Theory biasanya digunakan untuk menentukan suatu keputusan di sebuah perusahaan atau lembaga pendidikan. Metode yang satu ini bisa digunakan jika Anda mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Jika masih belum terlalu paham Anda bisa simak ulasan seputar aplikasi perhitungan metode MAUT yang ada di bawah ini.

Aplikasi Perhitungan Metode MAUT

Mengenal Secara Singkat Terkait Metode MAUT

Metode yang satu ini dinilai cepat dan tepat ketika Anda ingin menentukan sebuah keputusan. Cara kerja dari metode ini adalah melakukan spesifikasi dimensi dari suatu masalah sehingga menghasilkan sebuah keputusan yang spesifik. Ada beberapa langkah untuk menentukan keputusan.

Pertama adalah generate. Generate adalah proses membangkitkan alternatif-alternatif yang bisa digunakan untuk solusi masalah. Kedua adalah daftar atau list semua kriteria yang berpengaruh terhadap proses pengambilan keputusan. Ketiga ada daftar bobot atau nilai dari tiap kriteria dan dalam penentuannya Anda harus tahu seberapa penting aspek tersebut dalam menentukan keputusan. Selain itu Anda juga harus memberikan bobot pada kriteria alternatif.

Manfaat Mengunduh Aplikasi Metode MAUT

Download source code aplikasi yang satu ini tentu memiliki beberapa manfaat di antaranya proses untuk menentukan keputusan bisa dibilang cepat dan tepat sehingga Anda tidak akan terlalu lama menunggu. Selain itu Anda juga tidak akan kebingungan ketika menggunakannya karena tampilannya sangat sederhana dan fiturnya pun lengkap.

Metode digunakan untuk mengidentifikasi dan menggali informasi tentang preferensi pengguna dalam konteks personal. Keseluruhan informasi tentang tingkah laku pengguna yang bersifat multidimensional dibagi menjadi beberapa bagian yang bersifat unidimensional untuk kemudian diberikan ukuran dan bobot.

Fitur Pada Aplikasi

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengambil keputusan di suatu perusahaan atau lembaga pendidikan. Di bawah ini ada contoh fitur yang digunakan untuk pengambilan keputusan beasiswa bidikmisi pada suatu lembaga pendidikan.

  • ·         Admin
  • ·         Fakultas
  • ·         Mahasiswa
  • ·         Kriteria
  • ·         Nilai Kriteria
  • ·         Alternatif
  • ·         Metode MAUT

Tujuan Tiap Fitur yang Ada Pada Aplikasi

·         Admin

Sebelum menggunakan aplikasi perhitungan metode MAUT sebelumnya Anda harus membuka fitur admin terlebih dahulu. Fitur ini hanya bisa diakses oleh admin lembaga pendidikan yang bertugas untuk melakukan proses pengambilan keputusan beasiswa bidikmisi. Jadi Anda harus mempunyai akunnya terlebih dahulu dengan memilih menu registrasi pada laman pertama aplikasi.

·         Fakultas

Fitur kedua yang terdapat di dalam aplikasi adalah fakultas. Disini Anda bisa memasukkan semua fakultas yang ada di kampus tersebut. Misalnya ada 5 fakultas, Anda tinggal memilih menu “tambah data” yang ada di bagian atas kemudian ketikkan namanya. Setelah itu Anda bisa memilih menu simpan dan data pun akan langsung masuk ke fitur ini. Data-data yang dimasukkan ke dalam fitur fakultas ini akan ditampilkan dalam bentuk tabel sehingga lebih mudah untuk mencarinya.

·         Mahasiswa

Source code php ini juga menyediakan fitur mahasiswa dimana fungsinya hampir sama dengan menu fakultas. Fitur yang satu ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa bidikmisi. Jika ingin menambahkan data tinggal memilih menu tambah. Setelah itu Anda harus mengisi semua data pendaftar sesuai dengan formulir di layar. Biasanya data-data yang diminta adalah biodata pribadi, riwayat pendidikan, nama, pekerjaan dan gaji per bulan orangtua serta pernah menerima suatu bantuan atau tidak. Setelah itu Anda bisa langsung menyimpan datanya.

·         Kriteria

Fitur berikutnya adalah kriteria yang diinginkan oleh pihak kampus dan harus dipenuhi oleh mahasiswa pendaftar beasiswa. Contoh kriteria yang dimaksud adalah IPK, presensi, semester, penghasilan orangtua dan tanggungannya. Semua data kriteria akan ditampilkan dalam bentuk tabel di fitur yang satu ini.

·         Bobot Kriteria

Dalam penggunaan aplikasi perhitungan metode MAUT untuk menentukan keputusan penerima beasiswa juga harus mengisi nilai atau bobot di setiap kriterianya. Misalnya untuk kriteria IPK memiliki bobot 0.25, semester dinilai 0.1, presensi 0.15. Sedangkan untuk penghasilan orangtua berbobot 0.3 dan tanggungannya memiliki nilai 0.2.

·         Alternatif Kriteria

Anda juga bisa menambahkan kriteria alternatif yang digunakan untuk menentukan keputusan serta mengisi bobotnya langsung. Kriteria alternatif ini digunakan untuk membantu mengambil keputusan jika aspek pertama tidak berfungsi.

·         Metode MAUT

Source code php & mysql ini memiliki fitur terakhir yaitu Metode MAUT. Pada fitur ini Anda akan menghasilkan keputusan.

Spesifikasi

Aplikasi ini tidak bisa bekerja tanpa menggunakan program pendukung sebagai spesifikasinya. Spesifikasi yang dimaksud adalah framework codeigniter, bahasa pemrogaman berbasis PHP dan HTML 5. Source code aplikasi berbasis web ini bisa langsung Anda unduh di website resminya. Aplikasi yang satu ini juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan besar.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads