Aplikasi Pengolahan Sumberdaya Genetik Berbasis Web

Aplikasi pengolahan sumberdaya genetik berbasis web dapat dimanfaatkan untuk membuat data berbagai flora dan fauna. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menyimpan data seputar gen flora dan fauna yang dikoleksi. Lalu, apa saja data yang bisa dikelola dengan aplikasi pengolahan sumberdaya genetik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Aplikasi Pengolahan Sumberdaya Genetik Berbasis Web

Apa Itu Aplikasi Pengolahan Sumberdaya Genetik?

Source code PHP pengolahan sumberdaya genetik merupakan aplikasi dengan sistem berbasis web, sehingga tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan. Aplikasi ini dapat menyimpan banyak data genetik berbagai sumberdaya, sehingga memudahkan ketika akan dicari. Admin pengelola aplikasi ini dapat menjalankannya dengan mudah karena sistemnya yang user friendly.

Sumber Daya Genetik Sistem adalah aplikasi web dan database akses terbuka baru yang berisi genotipe dan fenotipe klinis dan menengah dari studi flora dan fauna. Data termasuk studi menggunakan persilangan antara strain inbrida tertentu dan studi menggunakan Panel Keanekaragaman.

SGR dirancang untuk membantu para peneliti mempelajari gen dan jalur yang berkontribusi terhadap sifat penyakit yang kompleks, termasuk obesitas, diabetes, aterosklerosis, gagal jantung, osteoporosis, dan metabolisme lipoprotein. Selama beberapa tahun ke depan, kami berharap dapat menambahkan data yang relevan dengan ketulian, kecanduan, steatosis hati, respons toksin, dan cedera pembuluh darah.

Fenotipe perantara mencakup data susunan ekspresi untuk berbagai jaringan dan sel yang dikultur, tingkat metabolit, dan tingkat protein. Tabel lokus genetik yang telah dihitung sebelumnya yang mengendalikan fenotipe antara dan klinis, serta korelasi fenotipe, diakses melalui antarmuka web yang ramah pengguna. Situs web mencakup protokol rinci untuk semua studi. Data dari studi yang diterbitkan tersedia secara bebas; studi yang tidak dipublikasikan memiliki akses terbatas selama periode embargo mereka.

Kegunaan Aplikasi Pengolahan Sumberdaya

Fungsi utama dari source code aplikasi berbasis web ini adalah untuk mencatat data sumberdaya genetik flora dengan rinci. Anda bisa mencatat informasi seputar sumberdaya flora yang diketahui, sehingga bisa menambah informasi. Aplikasi ini juga menyediakan format khusus yang digunakan untuk mengelola data sumberdaya genetik secara sistematis.

Fitur Pada Aplikasi Pengolahan Sumberdaya

Admin yang sudah download source code aplikasi ini akan langsung menemukan beberapa fitur pada tampilan menunya. Setiap fiturnya dapat dijalankan dengan mudah karena sudah memiliki format tersendiri yang harus diisi. Berikut adalah daftar fitur-fitur yang ada didalam aplikasi ini.

·         Home

·         Login

·         Kelola Koleksi

·         Kelola Pengguna

·         Kelola Penyerahan

·         Kelola Permintaan

·         Logout

Penjelasan Masing-Masing Fitur

Aplikasi pengolahan sumberdaya genetik berbasis web dikembangkan dengan beberapa fitur yang mempunyai spesifikasi berbeda-beda. Setiap fitur pada aplikasi ini mempunyai spesifikasi khusus untuk mengolah data sumberdaya genetik. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi dari masing-masing fitur yang ada pada aplikasi pengolahan data sumberdaya tersebut.

·         Home

Fitur pertama pada aplikasi ini adalah home yang disebut juga sebagai halaman awal source code pengolahan sumberdaya. Pada fitur ini pengguna akan menemukan informasi umum seputar aplikasi beserta kegunaannya. Ada pula informasi umum seputar sumberdaya yang akan diolah data genetiknya, yaitu flora.

·         Login

Admin dapat memanfaatkan menu login untuk masuk ke dalam aplikasi agar bisa membuka fitur lainnya. Cara untuk masuk ke dalam aplikasi pengolahan sumberdaya genetik ini cukup mudah, yaitu admin hanya perlu memasukkan username dan password. Pengguna aplikasi yang bisa masuk melalui fitur login ini adalah admin dan peneliti terdaftar.

·         Kelola Koleksi

Fitur berikutnya yang ada pada aplikasi ini adalah kelola koleksi untuk menambahkan data seputar sumberdaya terbaru. Kelola koleksi terdiri dari form yang memuat informasi seputar jenis, spesies, status ketersediaan tanaman, gambar, dan pilihan untuk edit atau menghapus. Anda bisa memasukkan data flora ini dengan cara klik pada ikon tambah yang ada di atas tabel.

·         Kelola Pengguna

Source code PHP dan MySQL ini juga memiliki fitur kelola pengguna untuk menambahkan orang yang bisa mengakses aplikasi. Admin aplikasi bisa menambahkan data pengguna agar nantinya bisa login dan menambahkan data sumberdaya genetik. Ada dua tipe pengguna yang bisa diedit di dalam fitur ini, yaitu admin dan peneliti sumberdaya genetik agar bisa menambahkan data di aplikasi.

·         Kelola Penyerahan

Firu ini digunakan untuk mengelola data seputar penyerahan tanaman kepada pihak yang memesan. Admin bisa mengelola informasi penyerahan ini agar memudahkan untuk mencari informasi seputar ketersediaan tanaman selanjutnya. Fitur ini memuat informasi seputar jenis tanaman serta waktu penyerahannya kepada pihak yang memesan dan penyelesaian permintaan pesanan.

·         Kelola Permintaan

Fungsi fitur terakhir pada aplikasi ini adalah untuk mengelola data permintaan tanaman dari pelanggan. Kelola permintaan ini berisi daftar tanaman yang dipesan oleh pelanggan, sehingga admin bisa dengan mudah mencari data yang dibutuhkan. Selanjutnya data permintaan ini bisa diedit atau dihapus apabila pesanan dari pelanggan sudah dipenuhi.

Spesifikasi Aplikasi Pengolahan Sumberdaya Genetik

Aplikasi pengolahan sumberdaya genetik berbasis web dapat dijalankan dengan mudah karena mempunyai tampilan yang sederhana. Di samping itu, aplikasi ini juga menggunakan bahasa pemrograman PHP yang memungkinkan Anda tidak mengalami lemot saat membuka. Anda juga tidak perlu khawatir jika menyertakan data berukuran besar, karena aplikasi ini menggunakan sistem MySQL.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads