Aplikasi Pengelolaan Kas Berbasis Web

Aplikasi pengelolaan kas berbasis web saat ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, kantor, dan instansi. Penggunaan aplikasi ini diterapkan untuk mengelola uang kas bersama secara terkomputerisasi sehingga dapat menampilkan informasi akurat dan transparan mengenai keuangan tersebut. Lalu bagaimana kinerja dan seputar tentang aplikasi ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Aplikasi Pengelolaan Kas Berbasis Web

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web yang dapat mengelola kas masuk dan kas keluar. Kinerjanya juga dapat menghasilkan output berupa laporan kas berdasarkan waktu tertentu, seperti laporan kas harian, bulanan, bahkan tahunan. Hasil laporan tersebut dilap\orkan dalam bentuk grafik yang jelas.

Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman php dan database yang digunakan aplikasi ini yaitu database mysql. Aplikasi ini dikembangkan dan dibagikan gratis dan tentunya gunakanlah source code aplikasi ini dengan baik dan bijak.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dibuat untuk dijadikan sebagai alat pembukuan kas digital. Fitur-fitur yang terpasang di dalamnya dibuat otomatis agar dapat mengelola data keuangan yang sangat banyak. Dengan menggunakan aplikasi ini, Admin tidak perlu repot mencatat secara manual di logbook karena bisa  data kas bisa langsung diinput ke dalam sistem aplikasi.

Fitur Aplikasi

Aplikasi pengelolaan kas berbasis web adalah sebuah sistem informasi pengelolaan kas yang dibangun untuk memudahkan dalam transaksi kas masuk dan kas keluar. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang dapat lebih mudah memahami tentang aplikasi ini.

Source code Aplikasi ini sudah dilakukan testing dan hasilnya dapat berjalan dengan baik meskipun memang ada beberapa bug yang harus diperbaiki lagi dan disempurnakan lagi dan juga bisa ditambahkan lagi fitur baru yang memang belum ada dalam aplikasi ini agar aplikasi ini menjadi semakin baik. Inilah beberapa fitur yang dapat anda ketahui.

·         Home

·         Master Data

·         Transaksi

·         Laporan

·         Cetak Laporan

·         Setting

·         Login

·         Logout

Penjelasan Fitur Aplikasi

Setelah mengenal setiap fitur di atas, sebaiknya Anda melakukan download source code aplikasi dahulu agar dapat menjalankan fungsi fiturnya. Setelah server aplikasi terpasang, maka kegunaan-kegunaan fitur di bawah ini bisa Anda nikmati untuk mengelola arus kas.

·         Home

Setelah login menggunakan username dan password user, Anda akan ditujukan ke halaman awal aplikasi atau Beranda. Pada bagian dashboard ini, akan ditampilkan sekilas tentang aplikasi dan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

·         Master Data

Pada bagian master data di source code php ini, terdapat beberapa sub menu diantaranya Data Kas Masuk, Data Kas Keluar, dan Data User. Pada bagian menu Kas Masuk, Admin dapat menginput arus kas yang masuk berdasarkan waktu tertentu. Data tersebut meliputi nama kas masuk, total uang yang diterima, beserta keterangannya.

Sama halnya dengan Data Kas Keluar. Admin harus sesuai dalam menginput data uang kas yang keluar untuk keperluan tertentu. Pada bagian ini juga disertakan menginput tanggal dan waktu serta nominal dan keterangan detail uang kas yang digunakan. Sedangkan pada menu Data User, Admin dapat mengelola para pengguna yang bisa mengakses aplikasi.

·         Transaksi

Fitur transaksi dalam source code php dan mysql ini berguna untuk menginput semua data transaksi yang telah dilakukan berdasarkan waktu tertentu. Pada bagian ini Admin dapat menambahkan data mengenai kode transaksi, tanggal dan waktu transaksi, jenis kas (kas masuk atau kas keluar), nominal uang kas, dan keterangan yang jelas.

Admin bisa mengedit dan menghapus data sesuai kebutuhan dan menyimpannya dengan sesuai. Data transaksi yang telah diinput ini nantinya akan ditampilkan secara urut berdasarkan waktu transaksi sehingga bisa diketahui secara detail dan transparan.

·         Laporan

Bagian terakhir ini berfungsi untuk menampilkan laporan rekapitulasi uang kas. Laporan tersebut bisa dicari secara cepat melalui kolom pencarian berdasarkan waktu tertentu. Selanjutnya sistem akan menampilkan data laporan berupa tanggal, kode voucher, keterangan pemasukan kas, keterangan pengeluaran kas, dan saldo kas yang tersisa.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini menggunakan database mysql dan bahasa pemograman php. Materi aplikasinya menggunakan fungsi create, read, up\date, read, delete, dan search. Aplikasi ini juga didukung teknologi JQuery Datables yang bisa menghasilkan grafik Hightchart hingga membuat lap\ora PDF dengan html2pdf.

Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan CSS bootstrap sehingga menu dan fiturnya bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Dengan begitu tampilan dan penggunaannya juga mudah dipahami. Untuk templatenya, aplikasi ini umumnya sudah menggunakan template AdminLTE.

Aplikasi pengelolaan kas berbasis web ini sangat cocok digunakan untuk membantu proses pendataan dan pengelolaan arus kas. Dengan menggunakan bantuan aplikasi, kegiatan perekapan keuangan secara digital akan lebih aman, akurat, transparan, dan terpercaya. Selain itu, kecanggihan fiturnya juga bisa menyediakan satu informasi terintegrasi yang bisa diakses oleh pengelola.


         

Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads