Aplikasi E-Voting Berbasis Web

Voting atau pemungutan suara biasanya dilakukan beberapa kompetisi maupun pemilihan calon pemimpin. Saat ini untuk dapat melakukan voting Anda tidak perlu dengan cara manual lagi, karena sudah ada aplikasi E-Voting berbasis web yang lebih mudah dan praktis. Proses voting pun dapat dilakukan dimana saja dengan leluasa.

Aplikasi E-Voting Berbasis Web


E-voting atau Electronic voting di era teknologi saat ini tampaknya menjadi pilihan bayak orang dalam melakukan pemungutan suara. Hal tersebut dikarenakan e-voting dinilai lebih efektif dan prosesnya pun lebih mudah. Oleh sebab itu, sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika e-voting lebih banyak digunakan daripada voting secara manual.

Tentang Aplikasi E-Voting

Perlu Anda ketahui bahwa e-voting merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi dalam pemungutan suara. E-voting dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer maupun smartphone yang terhubung pada jaringan internet. Pelaksanaan e-voting juga tidak memerlukan biaya yang cukup besar dalam pelaksanaannya.

Pada intinya, sistem pemungutan suara melindungi integritas suara Anda dengan mencegah pemilih untuk dapat memilih beberapa kali. Sebagai platform digital, mereka menghilangkan kebutuhan untuk berkumpul secara langsung, memberikan suara menggunakan kertas, atau dengan cara lain (misalnya email, perangkat lunak survei yang tidak aman).

Anda mungkin mendengar sistem voting online disebut sebagai sistem pemilu online, sistem e voting online, atau voting elektronik. Ini semua mengacu pada hal yang sama: alat pemungutan suara yang aman yang memungkinkan grup Anda mengumpulkan masukan dari grup Anda dan mengamati dengan cermat hasilnya secara real time.

Kegunaan Aplikasi

Aplikasi e-voting hadir dengan menawarkan beberapa kegunaan didalamnya. Diantara kegunaan aplikasi e-voting tersebut antara lain dapat mengurangi resiko kecurangan selama proses pemungutan suara, lebih mudah untuk digunakan, kecepatannya tidak perlu diragukan lagi, serta beberapa manfaat lainnya yang menguntungkan pengguna aplikasi tersebut.

Alat pemungutan suara membantu Anda membuat keputusan penting dengan mengumpulkan masukan dari grup Anda dengan cara yang sistematis dan dapat diverifikasi. Seringkali, keputusan ini dibuat setiap tahun - selama acara (misalnya RUPS organisasi Anda) atau pada waktu tertentu dalam setahun. Atau Anda mungkin menjalankan jajak pendapat yang sedang berlangsung di antara grup Anda (misalnya survei umpan balik karyawan anonim).

Fitur dalam Aplikasi E-Voting

Aplikasi E-Voting berbasis web diluncurkan dengan tekonologi canggih yang dilengkapi banyak fitur didalamnya. Bagi Anda yang menggunakan aplikasi tersebut tentu dapat merasakan manfaat dari fitur-fitur canggih tersebut. Berikut ini adalah beberapa fitur aplikasi e-voting yang dapat Anda gunakan.

·         Home

·         Input Data Delegasi

·         Input Data User Admin

·         Data Tabel User

·         Data Tabel Informasi

·         Laporan

·         Cetak Laporan

·         Setting

·         Login

Penjelasan Fitur-fitur Aplikasi

Jika sebelumnya Anda telah mengetahui fitur apa saja yang tersedia dalam aplikasi e-voting, maka masing-masing fungsi dari fitur tersebut juga perlu diketahui. Hal ini bertujuan agar Anda sebagai pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur aplikasi e-voting dengan baik sesuai fungsinya masing-masing.  

·         Home

Fitur home merupakan salah satu fitur yang sering dijumpai dalam beberapa aplikasi pada umumnya. Sama halnya dengan source code php e-voting, Anda juga akan menemui fitur tersebut pada tampilan utama setelah login aplikasi. Fitur home dapat membantu Anda untuk mengetahui fitur-fitur lain yang terdapat pada aplikasi tersebut melalui tampilan utamanya.

·         Input Data Delegasi

Setelah Anda selesai download source code aplikasi e-voting, ada fitur input data delegasi yang dapat digunakan untuk memasukkan data-data dari delegasi yang terlibat dalam pemungutan suara. Data yang perlu Anda input biasanya meliputi nama delegasi serta beberapa informasi penting yang menyangkut profil delegasi tersebut.

·         Input Data User Admin

Source code php dan mysql ini juga dilengkapi dengan fitur input data user admin. Anda perlu memahami bahwa fungsi dari fitur tersebut adalah untuk menambahkan data-data yang berhubungan dengan admin user. Data-data yang perlu dimasukkan melalui fitur tersebut diantaranya nama lengkap, username dan password, serta password confirm.

·         Data Tabel User

Fitur selanjutnya yang dapat Anda nikmati dalam source code aplikasi berbasis web ini adalah data tabel user. Fitur tersebut dapat Anda gunakan sebagai pengguna untuk memasukkan data-data yang berkaitan dengan user.

·         Data Tabel Informasi

Data tabel informasi juga menjadi salah satu fitur yang dapat Anda gunakan dalam aplikasi e-voting. Melalaui fitur tersebut Anda dapat dengan mudah memasukkan informasi yang diperoleh berupa data table sehingga menambah kemudahan selama proses e-voting.

·         Laporan

Fitur lain yang tidak kalah penting dalam aplikasi e-voting adalah laporan. Nantinya fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat laporan yang berkaitan dengan proses dan hasil e-voting yang dilaksanakan.

Spesifikasi Aplikasi E-Voting

Aplikasi E-voting berbasis web memang didukung dengan spesifikasi yang tidak diragukan lagi kecanggihannya. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan bahasa pemrograman PHP dan didukung oleh framework codeigniter. Aplikasi e-voting semakin tampak kecanggihannya dengan penggunaan MySQL sebagai database didalamnya.

Aplikasi e-voting bisa menjadi solusi bagi Anda yang memerlukan proses pemungutan suara secara online dengan hasil yang akurat dan dapat dipercaya. Kecanggihan fitur-fitur dalam aplikasi tersebut juga sangat membantu pekerjaan Anda agar lebih mudah dielesaikan. Oleh sebab itu, sudah saatnya bagi Anda untuk segera donwload dan menggunakan aplikasi e-voting.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads