Aplikasi E-Kantin Scan Barcode Berbasis Web

Berbagai jenis kegiatan termasuk perdagangan sudah banyak yang menggunakan bantuan teknologi untuk segala lini prosesnya, termasuk kantin. Aplikasi e-kantin scan barcode berbasis web bisa diterapkan untuk membantu proses transaksi oleh pembeli sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih mudah ketika menghadapi antrian yang cukup banyak.

Aplikasi E-Kantin Scan Barcode Berbasis Web

Aplikasi e-kantin akan membantu penjual dan pembeli agar lebih cepat dan mudah saat memesan makan atau minum di kantin. Hal ini karena sistem aplikasi yang bisa membantu kegiatan pelayanan kepada pembeli secara digital. Bagi Anda yang masih penasaran dengan aplikasi menarik satu ini, simak pembahasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat menyediakan informasi tentang berbagai makanan, minuman, camilan yang dijual oleh kantin. Selain itu, fitur di dalamnya juga bisa digunakan untuk mengelola data karyawan atau penjual kantin. Aplikasi ini juga bisa menampilkan laporan penjualan berdasarkan waktu yang diinginkan, seperti penjualan kantin setiap harinya.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dirancang untuk dijadikan sebagai bukti pembelian makanan atau minuman oleh para pembeli di kantin. Pembeli yang memesan di kasir akan diberikan bukti pembelian, kemudian pesanan akan datang sesuai bukti yang disertai barcode tersebut. Bukti ini juga bisa dijadikan bukti pembayaran. Selain itu, fitur di dalamnya juga dapat mengelola keuangan harian yang masuk dari kegiatan transaksi.

Fitur Aplikasi

Sesuai dengan namanya Aplikasi E-Kantin Scan Barcode Berbasis Web atau aplikasi pengelolaan uang ini berguna baik itu menginput dana masuk ataupun dana keluar sehingga perhitungan demi perhitungan kas akurat dan bekerja dengan cepat dalam memproses dana yang masuk ataupun dana yang keluar.

Laporan demi laporan tersusun secara rapih dengan sistem yang mempermudah untuk merekap hasil kas dalam periode tertentu. Aplikasi e-kantin scan barcode berbasis web ini memiliki banyak fitur yang menarik. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi e-kantin yang membuat proses penjualan semakin efisien.

·         Login

·         Dashboard

·         Data Stan

·         Karyawan

·         Admin

·         Barcode

·         Data Transaksi

·         Logout

Penjelasan Aplikasi

Untuk menikmati fitur di atas, Anda perlu download source code aplikasi dan pasang pada perangkat seperti android atau tablet. Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi, tentunya Anda harus mengetahui kegunaan dari masing-masing fitur, mengingat bahwa fitur-fitur pada aplikasi ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsi fitur-fitur pada aplikasi ini yang perlu Anda ketahui.

·         Dashboard

Pengguna aplikasi ini atau lebih tepatnya pengelola di kantin harus login menggunakan username dan password. Setelah itu, aplikasi ini akan menampilkan sekilas informasi tentang total makanan yang terjual pada setiap hari. Termasuk juga arsip dari total makanan terjual kemarin..

·         Data Stan

Pada bagian ini, pengelola kantin bisa menambahkan daftar stan kantin yang beroperasi. Data yang perlu diinput yaitu nomor kantin, jenis kantin, data penjual, data makanan dan minuman yang dijual, dan keterangan lengkap penjual lainnya.

·         Karyawan

Fitur karyawan pada source code php ini, berguna untuk menambahkan data penjual dan karyawan di kantin. Data tersebut meliputi data identitas lengkap seperti user ID, nomor induk karyawan, jabatan, dan nomor kantin.

·         Admin

Fitur Admin pada source code php dan mysql ini, biasanya digunakan oleh Admin aplikasi untuk mengelola data pengguna aplikasi. Data yang bisa diubah dan disimpan tersebut antara lain username, password, level atau status pengguna, dan keterangan lainnya.

·         Barcode

Fitur ini dapat dijadikan sebagai alat deteksi otomatis terhadap struk pesanan yang sudah ada di tangan pembeli. Dengan mengisi atau menempelkan barcode tersebut, makanan dan minuman yang diinginkan akan langsung disiapkan.

·         Data Transaksi

Pada bagian ini, Admin aplikasi bisa melihat semua daftar transaksi penjualan yang telah dilakukan berdasarkan waktu yang diinginkan. Fitur otomatisnya juga bisa mengolah data keuangan yang diinput dengan cepat.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini dibantu oleh perangkat scan barcode yang bisa mendeteksi pesanan sesuai dengan menu yang disediakan. Dengan begitu list order tersebut bisa langsung dicetak menggunakan printer thermal yang ada di bagian kasir yang bisa menghasilkan bukti berupa struk order. Hal ini akan memudahkan penjual dan pembeli dalam pemesanan.

Aplikasi e-kantin scan barcode berbasis web ini sangat cocok digunakan untuk berbagai layanan penjualan makanan dan minuman. Contohnya kantin, café, restoran, atau kedai tertentu. Dengan bantuan aplikasi ini, kegiatan transaksi dengan pembeli akan jauh lebih cepat, praktis sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan mampu berkembang manjadi lebih baik lagi.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads