Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web

Sebuah kantor atau perusahaan tentu memiliki jumlah karyawan yang begitu banyak. Aplikasi absensi karyawan berbasis web sepertinya sangat berguna untuk membantu mendata kedatangan karyawan yang sangat banyak setiap harinya. Bagaimana aplikasi tersebut bekerja dan fitur-fitur apa saja yang ada di dalamnya?. Berikut ulasannya.

Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi ini merupakan aplikasi pendataan kedatangan karyawan berbasis web, sehingga didukung oleh source code php. Php akan membuat tampilan sistem mudah dipahami dan berfungsi dengan baik. Fitur-fitur yang dimiliki mempunyai fungsi otomatis untuk mengolah dan menyimpan data dengan cepat dan tepat.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dirancang untuk digunakan sebagai alat absensi digital menggantikan absensi manual. Absensi manual umumnya dalam bentuk bukuan. Tentunya metode manual tidak akan efektif jika jumlah karyawan sangat banyak. Adanya aplikasi ini membuat absensi bisa dilakukan dengan efisien sehingga bisa tepat waktu.

Fitur Aplikasi

Aplikasi absensi karyawan berbasis web ini masih memerlukan pengembangan lagi, kita bisa mengembangkan kembali source code aplikasi ini baik dari sisi frontend maupun menambahkan fitur yang belum ada. Kinerja sistem aplikasi karyawan berbasis web tersebut dibantu oleh fitur yang mendukung. Berikut adalah daftar fitur aplikasi yang bisa diketahui.

·         Dashboard

·         Perusahaan

·         Pegawai

·         Absensi

·         Cuti

·         Tugas

·         Gaji

·         Reward

·         Pengumuman

Penjelasan Fitur Aplikasi

Silakan download source code aplikasi dahulu agar fitur-fitur tersebut bisa berjalan. Setelah server terpasang pada perangkat, kegunaan semua fitur aplikasi akan berfungsi. Berikut adalah penjelasan fungsi fitur aplikasi yang wajib untuk dikenali.

·         Perusahaan

Pada bagian ini, Anda bisa menambahkan nama-nama department perusahaan. Contohnya bagian keuangan, administrasi, atau bagian perusahaan lainnya. Selain itu Anda bisa mengedit dan menghapus nama department.

Ada juga sub menu lain selain Department List, yaitu Designation. Menu ini berguna untuk memasukkan penanggung jawab di setiap bagian perusahaan tersebut. Anda juga bisa mengedit dan menghapus data pada bagian ini.

·         Pegawai

Bagian ini berfungsi untuk menginput identitas semua karyawan. Data tersebut berupa data pribadi lengkap dengan foto karyawan perusahaan yang biasa ditambahkan dengan data sidik jari yang berasal dari scanner yang digunakan.

·         Absensi

Menu pada source code php dan mysql ini berguna dalam proses pengabsenan tiap hari. Terdapat submenu Hari Ini, Lembur, dan Map Tracker. Fitur ini akan menyimpan data absensi karyawan baik pengabsenan hari ini, lembur hari itu, hingga total jam kerja.

Selain itu, ada informasi tentang jam masuk, jam pulang yang disertai bukti gambar karyawan yang melakukan absensi. Pada bagian Map Tracker, admin bisa melacak keberadaan karyawan. Fitur ini didukung oleh google maps yang bisa melihat titik-titik lokasi dengan benar dan akurat.

·         Cuti

Pada bagian ini terdapat submenu Tipe Cuti, Disteujui, Menunggu Persetujuan, dan Ditolak. Karyawan bisa mengajukan cuti kerja dengan waktu dan keterangan yang jelas. Setelah itu tinggal menunggu konfirmasi lanjut dari sistem aplikasi perusahaan apakah ajuan cuti tersebut diterima, diproses, atau ditolak.

·         Tugas

Menu ini berfungsi untuk menginput tugas yang dibebankan kepada karyawan. Data tugas meliputi nama dan tanggal dibuat tugas, deadline, serta keterangan lainnya.

·         Gaji

Menu Gaji dpat digunakan untuk membuat data gaji, data tunjangan, dan potongan gaji pada semua karyawan. Data yang diolah akan tepat dan benar juga bisa disimpan dengan mudah di dalam sistem aplikasi.

·         Reward

Bagian ini bisa digunakan untuk menyeleksi karyawan perusahaan yang paling rajin berdasarkan absensi sehari-hari. Nama karyawan akan otomatis muncul dan bisa diketahui dari kerja sistem aplikasi ini.

·         Pengumuman

Menu ini bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menampilkan informasi atau pengumuman penting secara efektif. Karyawan juga bisa melihatnya dengan mudah jika memasang aplikasi ini di perangkat pribadinya masing-masing.

Spesifikasi Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini biasanya dilengkapi dengan sensor. Sensor tersebut misalnya terkait dengan penggunaan alat scanner sidik jari sebagai alat absensi karyawan. Dengan begitu absen bisa dilakukan dengan hanya menempelkan sidik jari yang terdeteksi oleh sistem. Data akan otomatis diinput.

Aplikasi absensi karyawan berbasis web tersebut sangat cocok digunakan untuk sebuah perusahaan seperti kantor, pabrik, atau instansi tertentu. Kegiatan absensi karyawan akan dapat dilakukan secara efisien dan bisa dilihat dengan mudah oleh sistem, sehingga admin bisa memantau dengan mudah dan bisa merekap dengan cepat.



Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads