Contoh Soal Dan jawaban UTS Sistem Akuntansi Terapan

CONTOH SOAL UTS BESERTA JAWABAN SITEM INFORMASI  AKUNTANSI TERAPAN





MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI AKUTANSI TERAPAN
JURUSAN / semester
Sistem Informatika / 03
Waktu
11.10 – 11-50
Nama
--------------------



SOAL :
1.        1. Apa itu sistem informasi akuntansi , jabarkanlah !!!
2.        2Apa itu Proses Bisnis , Berikan contohnya !!!
3.        3. Sebutkan dan jelaskan penggunaan SIA (SISTEM INFORMASI  AKUNTANSI TERAPAN )                 dalam bisnis ???
4.        4. Apa peran akuntansi dalam hubungannya dengan SIA (SISTEM INFORMASI  AKUNTANSI                 TERAPAN) , uraikanlah !
5.        5. Salah satu cara mempelajari proses bisnis dalam perusahaan adalah dengan berfokus dengan                   berfokus pada siklus transaksi . dari soal nomer 2 uraikanlah ke dalam siklus transaksi ?
  


JAWABAN  >>>>

1.       1.SIA adalah Suatu subsistem dari SIM yang menyediakan informasi akuntansi dan keuangan,                    jugainformasi lain yang diperoleh dari pengolahan rutin atas transaksi akuntansi.
      Dan juga Serangkaian kegiatan administratif untuk menangani transaksi perusahaan, dilengkapi              dengan prosedur, dokumen dan jurnal serta laporan keuangan sebagai output.

2.    2 .  Proses bisnis (business process) adlah dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari proses  dan                  berisi   kumpulan aktifitas (tasks) yang saling berelasi satu sama lain untuk menghasilkan suatu              keluaran yang mendukung pada tujuan dan sasaran strategis dari organisasi Proses bisnis =>                    urutan aktivitas yang dilaksanakan oleh suatu bisnis untuk memperoleh, menghasilkan, serta                  menjual barang dan jasa.

Contoh proses bisnis  pada PT. Gramet
Produksi:
PT. Gramet merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan buku teks elektronik dan peranti lunak di bidang pendidikan. Para dosen mengembangkan produk-produk ini dengan dukungan dari editor dan staf teknis PT. Gramet. Ketika para dosen mempunyai satu gagasan utk suatu produk, mereka menghubungi editor. Untuk kemudian editor akuisisi melakukan tinjauan awal atas proposal tersebut. Selanjutnya proposal diserahkan ke editor pengembang. Begitu produk disetujui, suatu kontrak (perjanjian) selanjutnya dikirim ke penulis. Dalam kontrak menyebutkan rincian nama penulis, tanggal kontrak, tarif royalti, judul, uraian, dan jadwal utk menyelesaikan produk tersebut. Para penulis bekerja dengan seorang desain grafis dan editor pengembangan utk mengembangkan suatu desain produk. Para penulis mengirimkan bab-bab/modul-modul yang diselesaikan dari produk itu kepada penerbit yang selanjutnya dikirim bahan-bahan tersebut kepada para peninjau eksternal. Setelah para penulis menerima umpan balik dari para evaluator, mereka meninjau kembali produk tersebut jika diperlukan. Terakhir, departemen pengendalian mutu melaksanakan uji coba terperinci atas produk itu. Begitu produk siap, kemudian dikirim ke departemen produksi, yang menyalin buku elektronik tersebut ke dalam bentuk CD-ROM lalu mengemasnya

Penjualan :
Saat ini, perusahaan hanya menjual produknya melalui toko buku. Setelah produk siap, departemen pemasaran membuat brosur. Agen-agen penjualan kemudian dilatih untuk mendemonstrasikan dan menjelaskan tujuan dan penggunaan dari produk itu kepada para dosen ke berbagai kota. Oleh karena para dosen memilih buku teks dan suplemen mata kuliah yang mereka ajar, usaha2 pemasaran seperti itu sangat penting demi kesuksesan produk. Setelah produk tersebut digunakan oleh para dosen, kemudian menginformasikannya kepada toko buku kampus mengenai keputusan tersebut. Toko buku kampus kemudian memesan produk itu ke PT Gramet. Untuk produk CD-ROM, perusahaan mengirim kemasan CD-ROM dan petunjuk pemakaian ke toko-toko buku. Untuk produk2 yang berbasis internet, perusahaan mengirim suatu kemasan kecil berisi satu sertifikat akses dan petunjuk pemakaian.
3.    
       3 . Penggunaaan SIA  dalam bisnis

a.               Utk menghasilkan laporan2 (lap. Keu., lap. pajak, dll) guna memenuhi kebutuhan informasi dari              para  pemakai.

  1. Membantu menangani aktivitas rutin (penjualan/pesanan, pngiriman barang&jasa, faktur, menagih kas ke pelanggan) sepanjang siklus operasi perusahaan.
  2. Mendukung pengambilan keputusan
  3. Perencanaan dan pengendalian
  4. Mendukung pengambilan keputusan yg tdk rutin, contoh utk mengetahui produk dan pelanggan mana yg baik, sehingga diambil keputusan utk persediaan produk dan area penjualan.
  5. Informasi mengenai anggaran dan biaya standar, sehingga bisa dibandingkan dgn realisasi.


4.     4.  Peran akuntansi dalam SIA
     Peran akutansi
       Akuntan sebagai pengguna
       Akuntan sebagai manajer
       Akuntan sebagai konsultan
       Akuntan sebagai evaluato
     Relevansi
       Menggunakan sistem akuntansi utk semua fungsi (menyusun lap eksternal, menangani traksaksi rutin, dll)
       Utk meningkatkan peran sbgai manajer, dibutuhkan pengetahuan bagaimana bisnis dijalankan dan seberapa dekat dgn tujuan.
       Pengalaman akuntan dpt memberikan suatu manfaat kompetitif dlm konsultasi mengenai pemerolehan, desain, instalasi, dan modifikasi sistem akuntansi
       Dalam hal ini, akuntan dpt bertindak sebagai auditor yg tak lepas dari penggunaan sistem akuntansi.

5 . siklus transaksi
       Siklus transaksi => urutan kejadian-kejadian tertentu yang pada umumnya dikelompokkan menjadi suatu kesatuan tertentu.
            Siklus transaksi pada soal nomer 2




 

Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads